<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "STRATEGI GURU DALAM MENANGANI GANGGUAN BERBAHASA KHUSUS SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KETERAMPILAN \r\nSOSIAL ANAK USIA DINI\r\n(STUDI KASUS DI TK ABA GENDINGAN DAN TK IP MUTIARA YOGYAKARTA )"^^ . "Gangguan berbahasa khusus (keterlambatan berbicara) merupakan bagian\r\ndari aspek perkembangan bahasa. Gangguan bahasa khusus pada anak usia dini\r\ndapat diketahui pada saat memasuki usia sekolah melalui observasi perkembangan\r\nyang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran maupun melalui program deteksi\r\ndini tumbuh kembang yang dilakukan oleh tenaga ahli baik psikolog anak, dokter,\r\nbidan maupun konsultan PAUD. Gangguan berbahasa khusus dalam penelitian ini\r\ndigunakan untuk menunjukkan adanya gangguan yang dialami oleh anak dalam\r\naspek bahasa maupun berbicara dengan disertai kompleksitas gejala yang\r\nmengiringinya.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik gangguan bahasa\r\nkhusus pada anak usia dini di TK ABA Gendingan dan TK IP Mutiara\r\nYogyakarta, bagaimana implementasi strategi guru dalam menangani gangguan\r\nberbahasa khusus serta implikasi gangguan tersebut terhadap keterampilan sosial\r\nanak usia dini di TK ABA Gendingan dan TK IP Mutiara Yogakarta. Adapun\r\njenis penelitian ini adalah lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif dengan\r\nmenggunakan pendekatan studi kasus guna mengetahui gangguan berbahasa\r\nkhusus serta implikasinya terhadap keterampilan sosial anak usia dini di TK ABA\r\nGendingan dan TK IP Mutiara. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam\r\npenelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan data\r\ntersebut, kemudian dianalisis dengan mereduksi data, display data, dan kemudian\r\nmenarik kesimpulan.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa gangguan berbahasa khusus yang\r\ndialami oleh anak di TK ABA Gendingan disebabkan karena faktor intern dalam\r\ndiri anak yang berasal dari faktor genetik orangtuanya. Adapun gangguan\r\nberbahasa khusus yang dialami oleh anak di TK IP Mutiara Yogyakarta berasal\r\ndari faktor ekstern karena kurangnya stimulasi bahasa dari orangtuanya. Meskipun\r\nanak mengalami gangguan berbahasa (keterlambatan berbicara), akan tetapi\r\nkeadaan anak di kedua TK tersebut memiliki prognosis yang baik sekaligus\r\nmemiliki kompleksitas gejala yang mengiringi gangguan tersebut. Sehingga\r\ndalam memberikan diagnosis dan penangannya memerlukan berbagai pendekatan."^^ . "2017-08-25" . . . . "UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . "Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1520431009"^^ . "YURITA ERVIANA"^^ . "NIM. 1520431009 YURITA ERVIANA"^^ . . . . . . "STRATEGI GURU DALAM MENANGANI GANGGUAN BERBAHASA KHUSUS SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KETERAMPILAN \r\nSOSIAL ANAK USIA DINI\r\n(STUDI KASUS DI TK ABA GENDINGAN DAN TK IP MUTIARA YOGYAKARTA ) (Text)"^^ . . . . . "1520431009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "STRATEGI GURU DALAM MENANGANI GANGGUAN BERBAHASA KHUSUS SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KETERAMPILAN \r\nSOSIAL ANAK USIA DINI\r\n(STUDI KASUS DI TK ABA GENDINGAN DAN TK IP MUTIARA YOGYAKARTA ) (Text)"^^ . . . . . "STRATEGI GURU DALAM MENANGANI GANGGUAN BERBAHASA KHUSUS SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KETERAMPILAN \r\nSOSIAL ANAK USIA DINI\r\n(STUDI KASUS DI TK ABA GENDINGAN DAN TK IP MUTIARA YOGYAKARTA ) (Other)"^^ . . . . . . "STRATEGI GURU DALAM MENANGANI GANGGUAN BERBAHASA KHUSUS SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KETERAMPILAN \r\nSOSIAL ANAK USIA DINI\r\n(STUDI KASUS DI TK ABA GENDINGAN DAN TK IP MUTIARA YOGYAKARTA ) (Other)"^^ . . . . . . "STRATEGI GURU DALAM MENANGANI GANGGUAN BERBAHASA KHUSUS SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KETERAMPILAN \r\nSOSIAL ANAK USIA DINI\r\n(STUDI KASUS DI TK ABA GENDINGAN DAN TK IP MUTIARA YOGYAKARTA ) (Other)"^^ . . . . . . "STRATEGI GURU DALAM MENANGANI GANGGUAN BERBAHASA KHUSUS SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KETERAMPILAN \r\nSOSIAL ANAK USIA DINI\r\n(STUDI KASUS DI TK ABA GENDINGAN DAN TK IP MUTIARA YOGYAKARTA ) (Other)"^^ . . . . . . "STRATEGI GURU DALAM MENANGANI GANGGUAN BERBAHASA KHUSUS SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KETERAMPILAN \r\nSOSIAL ANAK USIA DINI\r\n(STUDI KASUS DI TK ABA GENDINGAN DAN TK IP MUTIARA YOGYAKARTA ) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "STRATEGI GURU DALAM MENANGANI GANGGUAN BERBAHASA KHUSUS SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KETERAMPILAN \r\nSOSIAL ANAK USIA DINI\r\n(STUDI KASUS DI TK ABA GENDINGAN DAN TK IP MUTIARA YOGYAKARTA ) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "STRATEGI GURU DALAM MENANGANI GANGGUAN BERBAHASA KHUSUS SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KETERAMPILAN \r\nSOSIAL ANAK USIA DINI\r\n(STUDI KASUS DI TK ABA GENDINGAN DAN TK IP MUTIARA YOGYAKARTA ) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "STRATEGI GURU DALAM MENANGANI GANGGUAN BERBAHASA KHUSUS SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KETERAMPILAN \r\nSOSIAL ANAK USIA DINI\r\n(STUDI KASUS DI TK ABA GENDINGAN DAN TK IP MUTIARA YOGYAKARTA ) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #27898 \n\nSTRATEGI GURU DALAM MENANGANI GANGGUAN BERBAHASA KHUSUS SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KETERAMPILAN \nSOSIAL ANAK USIA DINI \n(STUDI KASUS DI TK ABA GENDINGAN DAN TK IP MUTIARA YOGYAKARTA )\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Raudhatul Athfal" . .