TY - THES N1 - Sri Purnami, S.Psi., MA. ID - digilib27903 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27903/ A1 - FAJAR NUROHIM, NIM: 13410120 Y1 - 2017/08/16/ N2 - FAJAR NUROHIM. Hubungan Antara Konsentrasi Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Ibadah Siswa Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Bantul Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Latar belakang penelitian ini adalah konsentrasi sangat penting dimiliki oleh siswa karena optimal tidaknya prestasi belajar siswa sangat tergantung pada intensitas kemampuan siswa untuk melakukan konsentrasi dalam proses pembelajaran. Terlihat dalam proses pembelajaran Pendidikan Ibadah di kelas XI IPS 2 SMA Muhammadiyah Bantul bahwa beberapa siswa kurang konsentrasi seperti masih bicara dengan teman sebangku, bermain HP, melamun, bahkan ada menundukkan kepalanya saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat prestasi belajar dan tingkat konsentrasi, menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi konsentrasi, dan menguji secara empiris hubungan antara konsentrasi dengan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Ibadah kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah Bantul Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi (Mixed Methods). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Bantul yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas XI IPS 1, XI IPS 2, dan XI IPS 3 yang berjumlah 61 siswa, sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling purposive dengan jumlah sampel sebanyak 47 siswa. Adapun dalam pengumpulan datanya mengunakan metode observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif, analisis kualitatif, dan analisis korelasi tata jenjang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Ibadah siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Bantul berada pada kategori sedang. 2) Tingkat konsentrasi belajar mata pelajaran Pendidikan Ibadah siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Bantul berada pada kategori sedang. 3) Faktor-faktor yang memengaruhi konsentrasi belajar mata pelajaran Pendidikan Ibadah siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Bantul dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern terdiri: dari minat terhadap pelajaran (13%), teringat masalah di rumah (3%), dan kondisi kesehatan (17%). Sedangkan faktor ekstern terdiri dari: suara berisik (21%), cuaca/suhu (15%), HP (10%), dan metode/strategi guru dalam mengajar (21%). 4) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara konsentrasi dengan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Ibadah kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Bantul ( = 0,910, p = 0,000 < 0,01). Kata kunci: konsentrasi, prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Ibadah PB - UIN Sunan Kalijaga KW - konsentrasi KW - prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Ibadah M1 - skripsi TI - HUBUNGAN ANTARA KONSENTRASI DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN IBADAH SISWA KELAS XI IPS SMA MUHAMMADIYAH 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2016/2017 AV - restricted EP - 178 ER -