relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27906/
title: MODEL PEMBELAJARAN DI TAMAN ANAK SANGGAR ANAK ALAM PERSPEKTIF KI HADJAR DEWANTARA
creator: NOOR ROCHMAD ALI, NIM. 1520431012
subject: Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
description: Model pembelajaran yang diterapkan sekolah konvensional dirasa kurang  tepat. Aktivitas pembelajaran masih berpusat kepada guru. Pembelajaran berpusat  pada anak masih jauh dari harapan. Taman Anak (TA) SALAM berusaha  mendekatkan pembelajaran anak dengan kehidupan nyata. TA SALAM mencoba memfasilitasi anak didik untuk dapat belajar merdeka sesuai potensinya.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran di TA  SALAM dan menganalisis model pembelajaran di TA SALAM dengan perspektif  Ki Hadjar Dewantara. Penelitian ini adalah penelitian lapangan menggunakan  pendekatan fenomenologi. Sumber data dari pengelola sekolah, kepala sekolah,  dan fasilitator. Teknik pengumpulan data melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dari model Miles dan Huberman  divalidasi dengan triangulasi sumber, metode dan waktu.  Hasil penelitian ini adalah 1) Taman Anak (TA) SALAM menggunakan model daur belajar. Model pembelajaran ini berupaya memberikan pemahaman  atas pengetahuan pada kehidupan dan pengalaman anak. Model daur belajar  merupakan model pembelajaran yang berbasis proses bukan hasil. Pembelajaran  daur belajar TA SALAM memiliki kemiripan dengan model CTL (contextual teaching and learning) di mana keduanya memiliki paradigma bahwa  pembelajaran merupakan proses melibatkan anak didik dalam menemukan  pengetahuannya melalui peristiwa nyata sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, aktivitas pembelajaran CTL terkesan manipulatif karena pada praktiknya pembelajaran masih rigid. Sedangkan aktivitas pembelajaran dari daur belajar lebih bersifat alamiah. 2) Model  pembelajaran yang digunakan TA SALAM dominan mengadopsi pemikirannya Ki Hadjar Dewantara. Ini dapat dilihat dari komponen-komponen pembelajarannya seperti tujuan pembelajaran KHD lebih spesifik di TA SALAM,  kurikulum yang berlandaskan kearifan budaya, metode niteni, nirokke lan  nambahi dan lainnya sekitar 85% di mana pemikiran KHD berusaha  diaktualisasikan oleh lembaga TA SALAM, walaupun tidak semua ajaran diterapkan. Sekolah ini selain mengadopsi pemikiran KHD juga merumuskan  pemikiran-pemikiran dari Paulo Freire, Rabindranath Tagore, dan Romo Mangun  Wijaya guna mewujudkan sekolah merdeka bagi anak.
date: 2017-08-25
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27906/1/1520431012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27906/2/1520431012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
identifier:   NOOR ROCHMAD ALI, NIM. 1520431012  (2017) MODEL PEMBELAJARAN DI TAMAN ANAK SANGGAR ANAK ALAM PERSPEKTIF KI HADJAR DEWANTARA.  Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.