eprintid: 27908 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/79/08 datestamp: 2017-10-30 01:08:46 lastmod: 2017-10-30 01:08:46 status_changed: 2017-10-30 01:08:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ginar Rizki Alami, NIM. 13410142 title: KONSEP DIRI SISWA BERJILBAB DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA (Perspektif Psikologi Pendidikan) ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Konsep Diri, Psikologi Pendidikan note: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd abstract: GINAR RIZKI ALAMI. Konsep Diri Siswa Berjilbab di SMA Negeri 5 Yogyakarta (Perspektif Psikologi Pendidikan). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Latar belakang penelitian ini adalah Dunia pendidikan di Indonesia saat ini tengah mengalami krisis moral para pelajar. Hal ini terjadi karena perubahan dan perkembangan zaman yang semakin maju sehingga terjadi pergeseran pola-pola sosial di masyarakat. Bagi seorang pelajar yang tidak mampu menyesuaikan diri maka akan lebih mudah mengalami krisis moral. Oleh sebab itu, perlu adanya pemahaman konsep diri untuk menentukan perilaku siswa dan juga sebagai acuan bagi tingkah laku dan penyesuaian diri. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan dan menganalisis tentang konsep diri siswa berjilbab di SMA Negeri 5 Yogyakarta, 2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya konsep diri, 3) mengetahui upaya yang dilakukan SMA Negeri 5 Yogyakarta dalam membina konsep diri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Negeri 5 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian kualitatif ini manggunakan analisis interaktif yang teridiri dari tiga komponen pokok yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Lima diantara tujuh siswa berjilbab di SMA Negeri 5 Yogyakarta mempunyai konsep diri positif yang ditunjukkan dengan rasa percaya diri, gamabran masa depan yang jelas, optimis, dan terbuka. Selanjutnya dua diantaranya memiliki konsep diri yang negative, ditunjukkan dengan rasa tidak percaya diri, minder, tertutup, serta gambaran masa depan yang kurang jelas 2) Faktor yang mempengaruhi pembentukan konsep diri siswa berjilbab ini adalah keadaan fisik, penilaian orang lain, faktor keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. 3) Adapun upaya yang dilakukan oleh sekolah untuk membina konsep diri siswa dilakukan dengan bimbingan klasikal dan bimbingan kelompok. Kata Kunci: Konsep Diri, Psikologi Pendidikan date: 2017-08-24 date_type: published pages: 157 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ginar Rizki Alami, NIM. 13410142 (2017) KONSEP DIRI SISWA BERJILBAB DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA (Perspektif Psikologi Pendidikan). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27908/1/13410142_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27908/2/13410142_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf