%A NIM. 13410177 ISTI KHASANAH %O Dr. Usman, SS., M.Ag %T EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI BAGI PESERTA DIDIK KELAS CERDAS ISTIMEWA (CI) DI SMA NEGERI 1 BANTUL %X Isti Khasanah. Efektifitas Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti bagi Peserta Didik Kelas Cerdas Istimewa (CI) di SMA Negeri 1 Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Latar belakang penelitian ini adalah maraknya pembelajaran yang berlangsung secara formalitas dan mengunggulkan kemampuan kognitif peserta didik. Hasilnya banyak peserta didik yang pandai secara kognitif namun kering nilai-nilai spiritual dan minim akan pengamalan agama dalam kehidupan. Menyadari hal tersebut, perlu adanya solusi konkret. Dalam hal ini SMA Negeri 1 Bantul menjadi sarana untuk memberikan pembelajaran yang efektif bagi peserta didik. Sebagai sekolah yang menerapkan kurikulum 2013, notabene SMA Negeri 1 Bantul mengimplementasikan pembelajaran efektif yang lebih mementingkan aspek afektif daripada aspek kognitif. Disisi yang lain SMA Negeri 1 Bantul mempunyai sebuah kelas unggul dari sisi kognitif. Apakah pembelajaran PAI dan Budi Pekerti benar-benar efektif terhadap prestasi belajar dan pengamalan bagi peserta didik kelas CI. Oleh karena itu, tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dan efektifitas pembelajaran PAI dan Budi Pekerti bagi peserta didik kelas CI di SMA Negeri 1 Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi pembelajaran. Pendekatan ini dipilih karena berbicara mengenai tingkah laku dan pengalaman seseorang yang berkaitan dengan proses pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Proses pembelajaran PAI dan Budi Pekerti bagi peserta didik kelas CI di SMA Negeri 1 Bantul sudah sesuai dengan Permendikbud nomor 65 tahun 2013 yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan pembelajaran, dan tahap evaluasi. Guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan apa yang ada dalam RPP dan menggunakan berbagai sumber belajar, media, dan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran. 2) Efektifitas pembelajaran PAI dan Budi Pekerti bagi peserta didik kelas CI di SMA Negeri 1 Bantul dari segi proses dan produk dapat dikatakan efektif. Hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya ketujuh indikator pembelajaran efektif menurut Wotruba dan Wright. Sesuai dengan konsep belajar tuntas, mayoritas peserta didik kelas CI menguasai 75% materi yang diajarkan. Peserta didik kelas CI memperoleh nilai diatas KKM yaitu 65, baik pada aspek kognitif, afektif, maupun psikomotor. Peserta didik kelas CI mampu menyerap materi pelajaran sebagai pengetahuan dan mengamalkannya dalam kehidupan. Kata Kunci : Efektifitas Pembelajaran, PAI dan Budi Pekerti, Peserta Didik Kelas Cerdas Istimewa (CI), serta SMA Negeri 1 Bantul %K Efektifitas Pembelajaran, PAI dan Budi Pekerti, Peserta Didik Kelas Cerdas Istimewa (CI), serta SMA Negeri 1 Bantul %D 2017 %I UIN Sunan Kalijaga %L digilib27967