eprintid: 2797 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/27/97 datestamp: 2012-09-03 17:06:16 lastmod: 2016-12-29 03:28:07 status_changed: 2012-05-04 16:43:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: TAMI PRATIWI NIM: 04220048, title: BIMBINGAN KECERDASAN MORAL PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TPA PLUS AN NUUR KRAPYAK TRIHARJO SLEMAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: BA divisions: jur_bpi full_text_status: restricted keywords: Bimbingan dan kecerdasan moral. note: Pembimbing : Casmini, S.Ag, M.Si. abstract: Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan pengetahuan dalam bidang bimbingan penyuluhan Islam terutama dalam membimbing moralitas anak serta diharapkan untuk menjadi referensi maupun bahan acuan bagi para pembimbing dan lembaga-lembaga yang berhubungan dengan metode bimbingan kecerdasan moral pada anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan menggambarkan cara pembimbing dalam mengarahkan anak usia 4-6 tahun untuk dapat membedakan antara baik dan buruk. Subyek dari penelitian ini adalah 5 orang pembimbing (guru) diantaranya yaitu 1 orang pembimbing (guru) sebagai koordinator kelas (wali kelas) juga merangkap menjadi guru (pembimbing) dan 4 orang lainnya menjadi guru (pembimbing) sedangkan obyek dari penelitian ini adalah pemahaman para pembimbing tentang kecerdasan moral dan cara (metode) pembimbing dalam mengarahkan anak usia 4-6 tahun untuk dapat membedakan antara baik dan buruk. Metode pengumpulan data dengan cara interview, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi metode, sedangkan analisa data dengan menggunakan data kualitatif yang bersifat non statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman para pembimbing tentang kecerdasan moral didasari oleh 4 hal yaitu pengertian pemahaman, kecerdasan moral, tujuan pemahaman kecerdasan moral, pelaksanaan kecerdasan moral dan bentuk-bentuk kecerdasan moral. Sedangkan cara pembimbing dalam mengarahkan anak usia 4-6 tahun untuk dapat membedakan antara baik dan buruk yaitu diantaranya dengan memberikan contoh atau teladan yang baik dalam berperilaku dan bertutur kata, menanamkan kedisiplinan pada anak, mengembangkan wawasan tentang nilai-nilai moral, dialog, dengan tanya jawab, penguatan/penegasan, dan dengan memberikan model pada anak. date: 2009-07-03 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Dakwah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2009-07-03 11:07:02 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--tamipratiw-2499-1-tamipra-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/50/digilib-uinsuka--tamipratiw-2499-1-tamipra-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2887 ; nama file lama : TAMI PRATIWI 04220048 BIMBINGAN KECERDASAN MORAL PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TPA PLUS AN NUUR KRAPYAK TRIHARJO SLEMAN YOGYAKARTA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 747704 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: TAMI PRATIWI NIM: 04220048, (2009) BIMBINGAN KECERDASAN MORAL PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TPA PLUS AN NUUR KRAPYAK TRIHARJO SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2797/1/BAB%20I%2C%20V.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2797/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf