TY - THES N1 - Drs. Nur Untoro, M.Si, ID - digilib27998 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27998/ A1 - Elis Siti Solihat, NIM.10690053 Y1 - 2017/08/08/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan modul elektronik (flipbook) IPA tipe Integrated untuk siswa kelas VII SMP/MTs, (2) mengetahui penilaian kualitas modul elektronik (flipbook) IPA tipe Integrated untuk siswa kelas VII SMP/MTs, (3) mengetahui respon siswa dan keterlaksanaan modul elektronik (flipbook) IPA tipe Integrated untuk siswa kelas VII SMP/MTs. Metode penelitian ini adalah Research and development (R&D), dengan mengacu pada model prosedural. Prosedur penelitian pengembangan ini berdasarkan model 4-D, yaitu (1) Define (2) Design (3) Develop (4) Desseminate. Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap Develop pada langkah uji coba lapangan. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, lembar penilaian, lembar respon siswa dan lembar keterlaksanaan modul. Penilaian kualitas modul menggunakan skala Likert dengan 4 skala yang dibuat dalam bentuk cheklist. Respon siswa terhadap modul menggunakan skala Guttman yang dibuat dalam bentuk cheklist. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) modul elektronik (flipbbok) IPA tipe Integrated untuk siswa kelas VII SMP/MTs dengan tema kalor dalam kehidupan, dikembangkan dengan menganalisis kebutuhan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta dan materi yang disusun berdasarkan pada kurikulum 2013. Selanjutnya, menyusun draft produk awal menggunakan software corelDraw dan 3D pageflip professional. Modul yang dihasilkan berupa flipbook dengan format .exe dan .3dp yang dikemas dalam Compact Disk (CD), (2) kualitas modul yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli media mendapatkan rata-rata skor sebesar 3,09 dengan kriteria modul baik (B), sedangkan penilaian berdasarkan ahli materi dan guru IPA mendapatkan rata-rata skor masing-masing 3,38 dan 3,68 dengan kriteria modul sangat baik (SB), (3) respon siswa terhadap modul pada uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan mendapatkan rata-rata skor sebesar 0,88 dan 0,83. Hasil dari deskripsi observer dalam keterlaksanaan modul, menunjukkan bahwa modul secara keseluruhan dapat dilaksanakan dalam pembelajaran di sekolah, tetapi modul belum teruji dalam pembelajaran secara mandiri di rumah. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Modul elektronik (flipbook) KW - IPA tipe Integrated KW - kalor dalam kehidupan KW - dan siswa SMP/MTs. M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK (FLIPBOOK) IPA TIPE INTEGRATED UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTs DENGAN TEMA KALOR DALAM KEHIDUPAN AV - restricted EP - 148 ER -