%0 Thesis %9 Skripsi %A MOH MASYKUR HABIBI, NIM. 12690038 %B Fakultas Sains dan Teknologi %D 2017 %F digilib:28026 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Model Multisensori, hasil belajar, Hukum Gravitasi Newton %P 162 %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL MULTISENSORI PADA MATERI HUKUM GRAVITASI NEWTON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28026/ %X INTISARI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Multisensori dalam meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas XI MAN Wonokromo Bantul Yogyakarta pada materi Hukum Gravitasi Newton. Penelitian ini merupakan pra eksperimen dengan bentuk One-Group Pretest- Posttest Design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas yang berupa model pembelajaran Multisensori dan variabel terikat yang berupa hasil belajar kognitif fisika. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI sebanyak 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dan terpilih kelas XI Matematika dan Ilmu Alam (MIA) 1 sebagai kelas eksperimen. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar yang terdiri atas pretest dan posttest. Teknik analisis data soal pretest-posttest menggunakan statistik deskriptif dan formula N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Multisensori efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar fisika yang signifikan pada kelas dengan model pembelajaran Multisensori . Perbedaan peningkatan hasil belajar fisika peserta didik dapat dilihat dengan kategori nilai N-Gain. Kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Multisensori mempunyai nilai N-Gain rata- rata sebesar 0,71 dengan kategori tinggi. %Z Dr. Murtono, M.Si