TY - THES N1 - Dr. Murtono, M.Si ID - digilib28026 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28026/ A1 - MOH MASYKUR HABIBI, NIM. 12690038 Y1 - 2017/08/08/ N2 - INTISARI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Multisensori dalam meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas XI MAN Wonokromo Bantul Yogyakarta pada materi Hukum Gravitasi Newton. Penelitian ini merupakan pra eksperimen dengan bentuk One-Group Pretest- Posttest Design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas yang berupa model pembelajaran Multisensori dan variabel terikat yang berupa hasil belajar kognitif fisika. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI sebanyak 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dan terpilih kelas XI Matematika dan Ilmu Alam (MIA) 1 sebagai kelas eksperimen. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar yang terdiri atas pretest dan posttest. Teknik analisis data soal pretest-posttest menggunakan statistik deskriptif dan formula N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Multisensori efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar fisika yang signifikan pada kelas dengan model pembelajaran Multisensori . Perbedaan peningkatan hasil belajar fisika peserta didik dapat dilihat dengan kategori nilai N-Gain. Kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Multisensori mempunyai nilai N-Gain rata- rata sebesar 0,71 dengan kategori tinggi. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Model Multisensori KW - hasil belajar KW - Hukum Gravitasi Newton M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL MULTISENSORI PADA MATERI HUKUM GRAVITASI NEWTON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA AV - restricted EP - 162 ER -