eprintid: 28027 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/80/27 datestamp: 2017-10-31 01:36:30 lastmod: 2017-10-31 01:36:30 status_changed: 2017-10-31 01:36:30 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NILATUL KHOERIYAH, NIM. 13690006 title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, AND REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI SMA N 2 BANGUNTAPAN PADA MATERI TEORI KINETIK GAS ispublished: pub subjects: Pen_fis divisions: jur_fis full_text_status: restricted keywords: model Auditory, Intellectually, and Repetition (AIR), Kemampuan pemecahan masalah, Teori kinetik gas. note: Widayanti, M.Si. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition (AIR) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dan mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Auditory, Intellectually, and Repetition (AIR). Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan pretest- posttest control group design. Variabel bebas dari penelitian ini adalah model pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition (AIR) dan variabel terikatnya berupa kemampuan pemecahan masalah siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA SMA N 2 Banguntapan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling dengan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar soal pretest-posttest untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa. Analisa data menggunakan statistik parametrik yaitu uji T dan uji normalized gain (N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition (AIR) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi teori kinetik gas (taraf signifikansi (sig. 2- tailed) = 0,000 0,05; maka H0 ditolak dan Ha diterima), (2) model pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition (AIR) mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi teori kinetik gas (N-Gain kelas eksperimen = 0,886 (tinggi) N-Gain kelas kontrol = 0,662 (sedang)). date: 2017-08-11 date_type: published pages: 330 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Sains dan Teknologi : Pendidikan Fisika (S1) thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: NILATUL KHOERIYAH, NIM. 13690006 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, AND REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI SMA N 2 BANGUNTAPAN PADA MATERI TEORI KINETIK GAS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28027/1/13690006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28027/2/13690006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf