eprintid: 28030 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/80/30 datestamp: 2017-10-31 01:40:44 lastmod: 2017-10-31 01:40:44 status_changed: 2017-10-31 01:40:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: AZIZATUZZAHRO’, NIM. 13690025 title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KOMPETENSI LITERASI SAINS SISWA KELAS X SMA SAINS WAHID HASYIM PADA MATERI SUHU DAN KALOR ispublished: pub subjects: Pen_fis divisions: jur_pefis full_text_status: restricted keywords: Model generatif, literasi sains, suhu dan kalor note: Ika Kartika, M.Pd.Si abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kompetensi literasi sains dan mengetahui perbedaan peningkatan kompetensi literasi sains siswa dengan kelas kontrol terbatas pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment dengan desain Nonequivalent control group design. Variabel bebas dari penelitian ini adalah model pembelajaran generatif dan variabel terikatnya adalah kompetensi literasi sains siswa. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu sekolah di kota sleman melalui teknik sampling jenuh dengan kelas X 1 sebagai kelas eksperimen dan X 2 sebagai kelas kontrol. Intrumen pengambilan data menggunakan instrumen tes berupa pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan kompetensi literasi sains siswa. Analisa data menggunakan statistik deskriptif dengan ukuran tendensi sentral dan ukuran dispersi disertai Normalized Gain dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kompetensi literasi sains siswa pada materi suhu dan kalor dengan rata-rata 38,00 sebelum diberi perlakuan dan 79,2 setelah diberi perlakuan. Terdapat pula peningkatan kompetensi literasi sains pada kategori peningkatan sedang ditunjukkan dengan nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,66 dan untuk kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung (direct instruction) juga mengalami peningkatan dengan nilai N-Gain sebesar 0,48 atau masuk dalam kategori sedang. Peningkatan kelas eksperimen memiliki perbedaan yang sangat signifikan dengan kelas kontrol ditunjukkan oleh nilai effect size sebesar 1,028. date: 2017-08-14 date_type: published pages: 320 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Sains dan Teknologi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: AZIZATUZZAHRO’, NIM. 13690025 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KOMPETENSI LITERASI SAINS SISWA KELAS X SMA SAINS WAHID HASYIM PADA MATERI SUHU DAN KALOR. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28030/1/13690025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28030/2/13690025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf