eprintid: 28031 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/80/31 datestamp: 2017-10-31 01:46:59 lastmod: 2017-10-31 01:46:59 status_changed: 2017-10-31 01:46:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NAFI’ATUS SHOLIHAH, NIM. 13690045 title: PENGEMBANGAN MODUL IPA TERINTEGRASI DENGAN AYAT ALQURAN DAN HADIS SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK MTS KELAS VIII SEMESTER 1 DI MTS N 1 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: Pen_fis divisions: jur_pefis full_text_status: restricted keywords: Integrasi ayat Alquran dan hadis, modul IPA, sumber belajar mandiri note: Drs. Nur Untoro, M.Si abstract: INTISARI Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan modul IPA terintegrasi dengan ayat Alquran dan hadis (2) Mengetahui kualitas modul IPA terintegrasi dengan ayat Alquran dan hadis yang telah dikembangkan (3) Mengetahui respon peserta didik dan keterlaksanaan modul IPA terintegrasi dengan ayat Alquran dan hadis yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model prosedural. Prosedur penelitian pengembangan ini berdasarkan model 4-D yang meliputi 4 langkah yaitu (1) Define (2) Design (3) Develop (4) Disseminate. Penelitian ini dilakukan sampai tahap Develop pada tahap Development testing. Instrumen penelitian berupa lembar kritik dan saran validator, lembar penilaian kualitas modul, lembar respon peserta didik, dan lembar observasi keterlaksanaan. Penilaian kualitas modul IPA menggunakan skala likert dengan skala 4 dan respon peserta didik menggunakan skala Guttman yang dibuat dalam bentuk checklist. Sedangkan keterlaksanaan modul IPA menggunakan lembar observasi deskriptif. Hasil penelitian ini menghasilkan modul IPA terintegrasi dengan ayat Alquran dan hadis dikembangkan dengan mengacu pada model informatif. Kualitas modul IPA berdasarkan penilaian ahli materi, ahli grafika, ahli integrasi- interkoneksi, dan guru IPA memperoleh klasifikasi Sangat Baik (SB) dengan rerata skor berturut-turut 3,45; 3,35; 3,54; dan 3,40. Respon peserta didik terhadap modul pada uji terbatas dan uji luas memperoleh klasifikasi Setuju (S) dengan rerata skor berturut-turut 0,88 dan 0,87. Hasil dari keterlaksanaan modul IPA pada uji luas yaitu soal uji kompetensi 3 nomor 2 dan uji kompetensi 4 nomor 4 dan 5 belum terlaksana. Aspek-aspek yang lain secara keseluruhan telah terlaksana dengan baik pada uji luas. date: 2017-08-03 date_type: published pages: 249 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Sains dan Teknologi : Pendidikan Fisika (S1) thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: NAFI’ATUS SHOLIHAH, NIM. 13690045 (2017) PENGEMBANGAN MODUL IPA TERINTEGRASI DENGAN AYAT ALQURAN DAN HADIS SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK MTS KELAS VIII SEMESTER 1 DI MTS N 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28031/1/13690045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28031/2/13690045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf