eprintid: 28032 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/80/32 datestamp: 2017-10-31 01:58:13 lastmod: 2017-10-31 01:58:13 status_changed: 2017-10-31 01:58:13 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ZULFA NIDAUL HASANAH, NIM. 13690047 title: EFEKTIVITAS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA SISWA SMAN 1 BANGUNTAPAN KELAS XI PADA MATERI FLUIDA STATIS ispublished: pub subjects: Pen_fis full_text_status: restricted keywords: Efektivitas, pendekatan keterampilan proses sains, pemahaman konsep, motivasi belajar fisika, fluida statis. note: Ika Kartika, M.Pd.Si abstract: Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui efektivitas pendekatan keterampilan proses sains untuk mencapai 75% siswa yang lulus KKM, (2) Mengetahui efektivitas pendekatan keterampilan proses sains untuk meningkatan pemahaman konsep pada materi fluida statis, (3) Mengetahui efektivitas pendekatan keterampilan proses sains untuk meningkatkan motivasi belajar fisika. Penelitian ini merupakan penelitian semu (quasi experiment) dengan pretest-posttest control group design, variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas pendekatan keterampilan proses sains, serta variabel terikat pemahaman konsep dan motivasi belajar fisika. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Banguntapan tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, terpilih kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan yang digunakan adalah teknik tes dan non tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar soal pretest-posttest pemahaman konsep dan lembar angket motivasi belajar fisika. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik parametrik yaitu uji-t, uji normalized gain (N-gain) dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pendekatan ketrampilan proses sains tidak efektif untuk mencapai 75% sisa yang lulus KKM, karena jumlah siswa yang lulus KKM hanya 62,5% (2) Pendekatan keterampilan proses sains efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi fluida statis (taraf signifikansi (sig. 2-tailed) = 0,000 α = 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak), dan mampu meningkatkan pemahaman konsep dengan N-gain 0,68 (sedang); effect size 1,46 (efek besar) (3) Pendekatan keterampilan proses sains efektif untuk meningkatkan motivasi belajar fisika dengan N-gain 0,39 termasuk dalam kategori sedang. date: 2017-08-04 date_type: published pages: 404 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Sains dan Teknologi : Pendidikan Fisika (S1) thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: ZULFA NIDAUL HASANAH, NIM. 13690047 (2017) EFEKTIVITAS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA SISWA SMAN 1 BANGUNTAPAN KELAS XI PADA MATERI FLUIDA STATIS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28032/1/13690047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28032/2/13690047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf