relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28034/ title: PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS creator: USWATUN KHASANAH, NIM. 13690056 subject: Pendidikan Fisika description: Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X pada materi momentum dan impuls, 2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X pada materi momentum dan impuls dengan penerapan strategi pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS). Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas strategi pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) serta variabel terikat kemampuan pemecahan masalah siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA MAN 1 Magelang tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, terpilih kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar soal pretest-posttest kemampuan pemecahan masalah siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik parametrik yaitu uji t dan uji normalized gain (N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi momentum dan impuls (taraf signifikansi (sig. 2-tailed) = 0,001 α = 0,05; maka Ha diterima dan H0 ditolak), 2) strategi pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi momentum dan impuls (N-Gain kelas eksperimen = 0,44 (sedang) N-Gain kelas kontrol = 0,28 (rendah)). date: 2017-08-14 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28034/1/13690056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28034/2/13690056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: USWATUN KHASANAH, NIM. 13690056 (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.