eprintid: 28040 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/80/40 datestamp: 2017-10-31 02:47:23 lastmod: 2017-10-31 02:47:23 status_changed: 2017-10-31 02:47:23 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NGAENUN NANGIM, NIM. 10600041 title: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP/ MTS KELAS VIII MATERI POKOK TEOREMA PYTHAGORAS ispublished: pub subjects: Pen_fis divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: LKS, Multiple Intelligence, Pemahaman Konsep note: Sintha Sih Dewanti, M.Pd.Si abstract: Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berupa LKS matematika berbasis multiple intelligence untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa SMP/MTs pada materi teorema Pythagoras yang berkualitas serta untuk mengetahui respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tahap analisis, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Tahap pengembangan dalam penelitian ini meliputi uji kevalidan, ujicoba terbatas, dan uji kepraktisan. Adapun instrumen yang digunakan meliputi: (1) lembar penilaian LKS matematika berbasis multiple intelligence dan (2) angket respon siswa terhadap LKS matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS matematika berbasis multiple intelligence mendapatkan penilaian sangat baik oleh validator dengan persentase keidealan 92,42% dengan rincian sebagai berikut: (1) komponen kelayakan isi terkategori sangat baik dengan persentase keidealan 91,67%, (2) komponen kebahasaan terkategori sangat baik dengan persentase keidealan 92,31%, dan (3) komponen penyajian terkategori sangat baik dengan persentase keidealan 93,59%. Respon siswa terhadap LKS tergolong dalam kategori respon positif dengan skor rata-rata 49,81 dari skor maksimal ideal 64 dan persentase keidealan sebesar 77,83%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa LKS matematika berbasis multiple intelligence yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran. date: 2017-08-11 date_type: published pages: 335 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Sains dan Teknologi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: NGAENUN NANGIM, NIM. 10600041 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP/ MTS KELAS VIII MATERI POKOK TEOREMA PYTHAGORAS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28040/1/10600041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28040/2/10600041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf