eprintid: 28042 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/80/42 datestamp: 2017-10-31 02:52:32 lastmod: 2017-10-31 02:52:32 status_changed: 2017-10-31 02:52:32 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: DIAH AYU NUR’ANI, NIM. 10600044 title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ROLE PLAYING GAMES (RPG) MENGGUNAKAN SOFTWARE RPG MAKER VX ACE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP/MTS ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Media Pembelajaran, Role Playing Games (RPG), Pembelajaran Matematika, Perbandingan note: Aulia Faqih Rifai, M.Kom abstract: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Role Playing Games (RPG) dalam pembelajaran matematika pada materi pokok perbandingan untuk jenjang SMP/MTs dalam bentuk software serta untuk mengetahui kualitas media pembelajaran yang dihasilkan apakah layak untuk digunakan atau tidak. Model pengembangan media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari tahapan-tahapan pada model daur pengembangan sistem informasi atau System Development Life Cycle (SDLC). Tahapan-tahapan dalam model ini meliputi tahap analisis sistem, tahap desain sistem, tahap implementasi sistem, dan tahap operasi dan pemeliharaan. Pengujian media pembelajaran dilakukan dalam dua tahap yakni pengujian alfa dan pengujian beta. Pengujian alfa merupakan pengujian yang dilakukan oleh peneliti guna menilai apakah program sudah sesuai dengan yang diinginkan atau belum. Sementara pengujian beta dilakukan oleh 30 siswa SMP 05 Yogyakarta guna mengetahui penilaian mereka terhadap media pembelajaran yang dibuat. Sebelum diujikan pada siswa, media pembelajaran berbasis RPG ini sudah terlebih dahulu dinilai oleh empat orang guru matematika. Pada penelitian pengembangan ini diperoleh hasil berupa produk media pembelajaran berbasis Role Playing Games (RPG) dalam pembelajaran matematika untuk materi pokok perbandingan. Selain itu, media pembelajaran ini juga dinilai baik oleh para guru begitu juga oleh para siswa. Tidak hanya itu, media ini juga mendapat respon sangat positif dengan skor rata-rata 58,87. Media pembelajaran juga dinilai efektif karena rata-rata hasil post test siswa pada materi perbandingan adalah 79,17 dengan persentase siswa yang memperoleh nilai 75 sebanyak 80%. date: 2017-08-21 date_type: published pages: 245 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Sains dan Teknologi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: DIAH AYU NUR’ANI, NIM. 10600044 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ROLE PLAYING GAMES (RPG) MENGGUNAKAN SOFTWARE RPG MAKER VX ACE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP/MTS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28042/1/10600044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28042/2/10600044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf