eprintid: 28043 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/80/43 datestamp: 2017-10-31 02:58:14 lastmod: 2017-10-31 02:58:14 status_changed: 2017-10-31 02:58:14 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: HULLIYATUL JANNAH, NIM. 10600055 title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Efektivitas, GI (Group Investigation), Problem Posing, Pemecahan Masalah note: Mulin Nu’man abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) dengan pendekatan Problem Posing dibandingkan pembelajaran dengan model konvensional untuk meningkatkan kemampuan pemecahan Masalah. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan bentuk desain kelompok control non ekivalen (Noneequivalent Control Group Design).Variable bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) dengan pendekatan Problem Posing, sedangkat variable terikatnya adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Populasi dalam penelitian adalah siswa MTs Syirkah Salafiyah kelas VII yang berjumlah 55 siswa. Karena jumlah populasi yang relatif kecil maka semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Dan saran dari guru didapatkan kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Instrument pengumpul data dalam penelitian ini adalah instrument soal tes pemecahan masalah yang berbentuk cerita. Teknik analisis data menggunakan software SPSS 16.0. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data skor N-gain kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) dengan pendekatan Problem Posing lebih Efektif dari pada pembelajaran dengan model konvensional untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. date: 2017-08-10 date_type: published pages: 203 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Sains dan Teknologi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: HULLIYATUL JANNAH, NIM. 10600055 (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28043/1/10600055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28043/2/10600055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf