TY - THES N1 - Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen yang bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. (2) penerapan pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap interaksi sosial siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Variable penelitian ini terdiri atas variabel bebas yaitu pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik serta variabel terikat yaitu berpikir kritis dan Interaksi Sosial Siswa. Populasi kelas ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 10Yogyakarta, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan siswa kelas VII E tahun ajaran 2014/2015. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan berpikir kritis dan Angket siswa. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik lebih efektif daripadapembelajaran konvensional untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik lebih efektif daripada pembelajaran konvensional untuk meningkatkan interaksi sosial siswa. ID - digilib28045 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28045/ A1 - ANNYTA LUCYANA, NIM. 10600061 Y1 - 2017/08/05/ N2 - Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen yang bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. (2) penerapan pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap interaksi sosial siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Variable penelitian ini terdiri atas variabel bebas yaitu pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik serta variabel terikat yaitu berpikir kritis dan Interaksi Sosial Siswa. Populasi kelas ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 10Yogyakarta, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan siswa kelas VII E tahun ajaran 2014/2015. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan berpikir kritis dan Angket siswa. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik lebih efektif daripadapembelajaran konvensional untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik lebih efektif daripada pembelajaran konvensional untuk meningkatkan interaksi sosial siswa. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Pendekatan Matematika Realistik KW - Berpikir Kritis KW - Interaksi Sosial Siswa M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN INTERAKSI SOSIAL SISWA SMP NEGERI KELAS VII YOGYAKARTA AV - restricted EP - 254 ER -