TY - THES N1 - Mulin Nu?man, M.Pd ID - digilib28053 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28053/ A1 - SUGIARTI, NIM. 13600030 Y1 - 2017/08/14/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran yang paling berpengaruh antara penerapan pembelajaran menggunakan pendekatan PBL dengan model kooperatif tipe TPS, pembelajaran dengan pendekatan PBL, dan pembelajaran konvensional terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pembelajaran yang paling berpengaruh antara penerapan pembelajaran menggunakan pendekatan PBL dengan model kooperatif tipe TPS, pembelajaran dengan pendekatan PBL, dan pembelajaran konvensional terhadap peningkatan self confidence. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Variabel bebas berupa pendekatan PBL dan model pembelajaran kooperatif tipe TPS, sedangkan variabel terikat berupa kemampuan pemecahan masalah matematika dan self confidence. Populasi yang diteliti adalah siswa kelas VII SMP Negeri 9 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017, dengan sampel penelitian terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 102 siswa. Kelas VII E dijadikan kelas eksperimen 2 dengan treatment berupa pembelajaran dengan pendekatan PBL dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Kelas VII D dijadikan kelas eksperimen 1 dengan treatment berupa pembelajaran dengan pendekatan PBL. Kelas VII C dijadikan sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah pretest-posttest kemampuan pemecahan masalah dan prescale-postscale self confidence dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik parametrik inferensial yang meliputi uji anova satu jalur (one way anova). Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 15.0 dan Microsoft Excel 2010. Pembelajaran menggunakan pendekatan PBL dengan model kooperatif tipe TPS memberikan pengaruh paling baik terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self confidence. Pembelajaran dengan pendekatan PBL memberikan pengaruh lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self confidence. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Pengaruh KW - PBL KW - TPS KW - Kemampuan Pemecahan Masalah KW - Self Confidence M1 - skripsi TI - PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF CONFIDENCE AV - restricted EP - 435 ER -