eprintid: 28057 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/80/57 datestamp: 2017-10-31 06:22:41 lastmod: 2017-10-31 06:25:19 status_changed: 2017-10-31 06:22:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MU’ARIF, NIM: 1220410023 title: PEMIKIRAN PENDIDIKAN K.H. AHMAD DAHLAN TINJAUAN FILSAFAT PENDIDIKAN PROGRESIVISME ispublished: pub subjects: pen_isl divisions: pps_pai full_text_status: restricted keywords: Ahmad Dahlan, Pendidikan Islam Berkemajuan, Progresivisme, John Dewey note: Prof. Dr. Abdul Munir Mulkhan, S.U. abstract: K.H. Ahmad Dahlan memang bukan sosok penulis yang prolifik. Tetapi gagasan-gagasan besarnya justru teraktualisasikan dalam aksi nyata gerakan pembaruan Islam dalam wadah organisasi bernama Muhammadiyah. Gerakan pembaruan yang dirintis K.H. Ahmad Dahlan menawarkan konsep Islam yang berkemajuan. Sejak Muhammadiyah berdiri (1912) hingga kini, konsep Islam Berkemajuan menjadi kata kunci gerakan pembaruan Muhammadiyah. Istilah “Islam Berkemajuan” yang populer sejak Muhammadiyah berdiri menarik untuk dikaji dalam konteks pemikiran pendidikan Islam. Sebelum Muhammadiyah berdiri, K.H. Ahmad Dahlan telah merintis lembaga pendidikan yang menjadi prototype sekolah-sekolah Muhammadiyah pasca sepeninggalannya. K.H. Ahmad Dahlan sebagai pendiri Muhammadiyah tentu memiliki konsep “Islam Berkemajuan” yang diimplementasikan dalam konteks pendidikan. Sebab, gerakan Muhammadiyah lebih banyak diwujudkan dalam bentuk lembaga pendidikan. Tesis dengan judul “Pemikiran Pendidikan K.H. Ahmad Dahlan Tinjauan Filsafat Pendidikan Progresivisme” ini mengkaji konsep-konsep pemikiran filosofis K.H. Ahmad Dahlan tentang pendidikan menggunakan tinjauan Filsafat Pendidikan Progresivisme, terutama menggunakan konsep-konsep pemikiran pendidikan John Dewey. Dari hasil penelitian ini ditemukan banyak titik temu konsep-konsep filosofis pendidikan Islam menurut K.H. Ahmad Dahlan berdasarkan tinjauan Filsafat Pendidikan Progresivisme. Sekalipun banyak memiliki kesamaan konsep antara pemikiran pendidikan K.H. Ahmad Dahlan dengan Filsafat Pendidikan Progresivisme, khususnya pemikiran-pemikiran filosofis John Dewey, tetapi perbedaan cara pandang (world view) antara bangsa Barat dengan Timur menyebabkan dua konsep pendidikan progresif ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Dari perbedaan cara pandang tersebut melahirkan konsep-konsep ontologis (metafisika) yang sama sekali berbeda. Dengan perbedaan cara pandang tersebut juga telah melahirkan perbedaan konsep dualitas pendidikan (Islam) dengan pendidikan sekuler (Barat). Penelitian ini menggunakan pendekatan sejarah (historical approach) dan hermeneutika (hermeneutic approach) untuk mendapatkan informasi akurat seputar konsep pemikiran pendidikan K.H. Ahmad Dahlan yang nyaris tidak meninggalkan karya tulis, kecuali beberapa artikel dan transkrip pidato. Tinjauan Filsafat Pendidikan Progresivisme untuk mengungkap kesamaan dan sekaligus perbedaan konsep-konsep kunci antara pemikiran pendidikan Islam Berkemajuan menurut K.H. Ahmad Dahlan dengan pemikiran Filsafat Pendidikan Progresivisme ala John Dewey. date: 2017-08-07 date_type: published pages: 175 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: PASCASARJANA thesis_type: masters thesis_name: other citation: MU’ARIF, NIM: 1220410023 (2017) PEMIKIRAN PENDIDIKAN K.H. AHMAD DAHLAN TINJAUAN FILSAFAT PENDIDIKAN PROGRESIVISME. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28057/1/1220410023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28057/2/1220410023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf