eprintid: 28068 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/80/68 datestamp: 2017-11-01 01:26:24 lastmod: 2017-11-01 01:26:24 status_changed: 2017-11-01 01:26:24 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NINDEA DWI SYAFITRI, NIM. 13600039 title: PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF CONFIDENCE ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Kunci: Pengaruh, PBL, TTW, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Self Confidence note: Sintha Sih Dewanti, M.Pd.Si., abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) model pembelajaran mana yang lebih berpengaruh antara penerapan pembelajaran konvensional, pembelajaran dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL), dan pembelajaran dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dengan model kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa; (2) Model pembelajaran mana yang lebih berpengaruh antara pembelajaran konvensional, pembelajaran dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL), dan pembelajaran dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dengan model kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap self confidence siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu pembelajaran Pendekatan PBL dan TTW serta variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika dan self confidence siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Sedayu tahun ajaran 2016/2017, sedangkan sampel penelitiannya adalah Kelas VIII E, F, dan G. Instrumen penelitian berupa pretest-postest dan prescale-postscale sedangkan instrumen pembelajaran berupa RPP. Teknik analisis data tes menggunakan statistika non parametrik yaitu uji Kruskall-Wallis yang dilanjutkan dengan uji perbandingan berganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) pembelajaran dengan pendekatan PBL dengan TTW memberikan pengaruh paling baik terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika. Pembelajaran dengan pendekatan PBL memberikan pengaruh lebih baik daripada pembelajaran konvensional; (2) pembelajaran PBL dengan TTW memberikan pengaruh paling baik terhadap peningkatan self confidence. Pembelajaran PBL memberikan pengaruh lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap peningkatan self confidence. date: 2017-08-14 date_type: published pages: 278 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Sains dan Teknologi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: NINDEA DWI SYAFITRI, NIM. 13600039 (2017) PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF CONFIDENCE. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28068/1/13600039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28068/2/13600039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf