eprintid: 28086 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/80/86 datestamp: 2017-11-01 06:48:06 lastmod: 2017-12-04 07:34:52 status_changed: 2017-11-01 06:48:06 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Juli Agustina Nasution, NIM.10670005 title: PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KIMIA UNTUK SISWA DIFABEL DAKSA DI SEKOLAH INKLUSIF MAN MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017 ispublished: pub subjects: pen_kim divisions: jur_pekim full_text_status: restricted keywords: Sekolah inklusif, siswa difabel daksa, pembelajaran kimia note: Shidiq Premono, M.Pd abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kimia di kelas X untuk siswa difabel daksa di sekolah inklusif MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui minat dan motivasi siswa difabel daksa dalam belajar kimia di kelas X di sekolah inklusif MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan metode studi kasus, yaitu dengan metode menghimpun dan menganalisis data yang berkaitan dengan suatu kasus tertentu. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa difabel daksa dan guru mata pelajaran kimia di sekolah inklusif MAN Maguwoharjo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi partisipan, wawancara, skala, dan studi dokumen. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah peneliti, pedoman observasi, panduan wawancara, dan lembar skala. Tringulasi metode dan sumber digunakan untuk mengecek keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran kimia disekolah inklusif MAN Maguwoharjo untuk siswa difabel daksa sama dengan siswa lainnya tidak dibeda-bedakan, Interaksi antara siswa difabel daksa pada saat pembelajaran kimia dengan guru berjalan lancar, hanya saja siswa difabel daksa memiliki sifat pendiam, interaksi dengan siswa berjalan dengan baik dimana siswa difabel daksa dan siswa lain saling membantu bila ada kesulitan. Skala nilai untuk motivasi siswa difabel daksa dalam belajar kimia berada di kategori baik dengan persentase 70 %, dan skala nilai untuk minat siswa difabel daksa dalam belajar kimia berada di kategori baik dengan nilai 74%. date: 2017-08-23 date_type: published pages: 146 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Sains dan Teknologi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Juli Agustina Nasution, NIM.10670005 (2017) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KIMIA UNTUK SISWA DIFABEL DAKSA DI SEKOLAH INKLUSIF MAN MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28086/1/10670005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28086/2/10670005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf