<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "MANAJEMEN KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (PBA)\r\n(Studi Komparatif Di Madrasah Tsanawiyyah Qudsiyyah dan Madrasah\r\nTsanawiyyah Negeri Kab. Kota Kudus)"^^ . "Tesis ini berjudul Manajemen Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab (PBA):\r\nStudi Komparatif Di Madrasah Tsanawiyyah Qudsiyyah dan Madrasah Tsanawiyyah\r\nNegeri Kab. Kota Kudus. Penulisan tesis dilatar belakangi oleh permasalahan adanya\r\nmadrasah yang menghapus materi pelajaran kurikulum muatan local. Akan tetapi, masih\r\nada beberapa madrasah yang tetap mengedepankan materi pelajaran kurikulum lokal\r\nnamun juga tidak meninggalkan materi pelajaran kurikulum Kemenag. Oleh karena itu,\r\npeneliti berkeinginan meneliti keberadaan Madrasah Tsanawiyyah yang menerapkan\r\nPBA dengan mengedepankan kurikulum lokal dan Kemenag (MTs Qudsiyyah Kudus)\r\ndan madrasah yang hanya menerapkan Bahasa Arab kurikulum Kemenag (MTs N 1\r\nKudus) sebagai bahan evaluasi. Peneliti mengajukan dua rumusan masalah tentang\r\nmanajemen kurikulum yang dipakai dan evaluasi serta komparasi (persamaan dan\r\nperbedaan) antar kedua madrasah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian\r\nlapangan (Field Research) dengan cara observasi, wawancara, maupun dokumentasi.\r\nAdapun analisis data dilakukan dan disajikan dengan analisis deskriptif-kualitatif,\r\nsehingga dapat diketahui hasil akhir dari penelitian.\r\nHasil analisis dari penelitian ini mengenai manajemen kurikulum PBA di Mts\r\nQudsiyyah Kudus dan MTs N 1 Kudus adalah: 1) Perencanaan, MTs Qudsiyyah\r\nmenggunakan 2 kurikulum yakni sistem pesantren dan KTSP sedangkan kurikulum\r\nMTs N 1 Kudus memakai kurikulum 2013. Adapun mengenai persiapan (silabus, RPP,\r\nProta, Promes, SK dan KD) MTs N 1 Kudus lebih maksimal dari pada MTs Qudsiyyah.\r\n2) Pengorganisasian kurikulum PBA di MTs Qudsiyyah dilakukan berdasarkan sikap\r\nsaling percaya. Adapun pengorganisasian kurikulum PBA di MTs N 1 Kudus dilakukan\r\ndengan baik dan matang. 3) Pelaksanaan sistem pesantren di MTs Qudsiyyah\r\nmenggunakan metode weton/sorogan dengan kitab kitab alfiyyah ibn malik, sedang\r\nkurikulum KTSP menggunakan materi yang ditawarkan oleh Depag. Adapun MTs N 1\r\nKudus melaksanakan PBA dengan baik sesuai RPP yang telah disusun dengan metode\r\natau pendekatan saintifik. 4) Evaluasi dalam bentuk tes tertulis maupun lisan dengan\r\nKKM 60% (Bahasa Arab muatan local), 75% (Bahasa Arab Muatan Depag) di MTs\r\nQudsiyyah. Sedangkan KKM Bahasa Arab di MTs Negeri 1 Kudus yakni 80%.\r\nPersamaan manajemen kurikulum PBA dari kedua madrasah adalah menyusun\r\nsilabus, RPP, Prota, Promes, SK dan KD (perencanaan); menyusunan kalender\r\nakademik, jadwal pelajaran, program kegiatan sekolah, dan tugas guru (keorganisasian);\r\nmengambil materi Bahasa Arab yang ditawarkan oleh Depag (pelaksanaan);\r\nmelaksanakan tes tertulis maupun lisan (evaluasi). Adapun Perbedaan manajemen\r\nkurikulum PBA dari MTs Qudsiyyah dan MTs Negeri 1 Kudus adalah 1) Perencanaan:\r\nMTs Qudsiyyah memakai dua kurikulum (pesantren dan KTSP). Sedangkan Mts\r\nNegeri 1 Kudus pakai kurikulum 2013 dan kesiapan administrasi guru-guru MTs N 1\r\nKudus lebih matang dari pada MTs Qudsiyyah; 2) Pengorganisasian: MTs Qudsiyyah\r\nberdasarkan sikap saling percaya. Sedangkan MTs N 1 Kudus benar-benar terencana\r\ndengan baik dan matang; 3) Pelaksanaan: PBA kurikulum Depag di MTs Qudsiyyah\r\nmenggunakan sistem KTSP sesuai yang dianjurkan oleh Depag dengan pelaksaan yang\r\nbelum sempurna. Sedangkan Pembelajaran Kurikulum 2013 di MTs Negeri 1 Kudus\r\ndilaksanakan dengan baik sesuai RPP yang telah disusun. Dalam kegiatan inti\r\npelaksanaan kurikulum KTSP di MTs Qudsiyyah Kudus, guru menerapkan pendekatan\r\nmetode membaca, ceramah, tanya jawab, diskusi dan drill/praktek. Sedangkan guru\r\nMTs Negeri 1 Kudus menerapkan pendekatan saintifik; 4) Evaluasi: dalam bentuk tes\r\ntertulis maupun lisan dengan KKM Bahasa Arab 60% (local), 75% (KTSP) di MTs\r\nQudsiyyah. Sedangkan KKM di MTs Negeri 1 Kudus yakni 80%."^^ . "2017-08-15" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1320411254"^^ . "Samsudin Noor"^^ . "NIM. 1320411254 Samsudin Noor"^^ . . . . . . "MANAJEMEN KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (PBA)\r\n(Studi Komparatif Di Madrasah Tsanawiyyah Qudsiyyah dan Madrasah\r\nTsanawiyyah Negeri Kab. Kota Kudus) (Text)"^^ . . . . . "1320411254_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "MANAJEMEN KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (PBA)\r\n(Studi Komparatif Di Madrasah Tsanawiyyah Qudsiyyah dan Madrasah\r\nTsanawiyyah Negeri Kab. Kota Kudus) (Text)"^^ . . . . . "MANAJEMEN KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (PBA)\r\n(Studi Komparatif Di Madrasah Tsanawiyyah Qudsiyyah dan Madrasah\r\nTsanawiyyah Negeri Kab. Kota Kudus) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "MANAJEMEN KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (PBA)\r\n(Studi Komparatif Di Madrasah Tsanawiyyah Qudsiyyah dan Madrasah\r\nTsanawiyyah Negeri Kab. Kota Kudus) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "MANAJEMEN KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (PBA)\r\n(Studi Komparatif Di Madrasah Tsanawiyyah Qudsiyyah dan Madrasah\r\nTsanawiyyah Negeri Kab. Kota Kudus) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "MANAJEMEN KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (PBA)\r\n(Studi Komparatif Di Madrasah Tsanawiyyah Qudsiyyah dan Madrasah\r\nTsanawiyyah Negeri Kab. Kota Kudus) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "MANAJEMEN KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (PBA)\r\n(Studi Komparatif Di Madrasah Tsanawiyyah Qudsiyyah dan Madrasah\r\nTsanawiyyah Negeri Kab. Kota Kudus) (Other)"^^ . . . . . . "MANAJEMEN KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (PBA)\r\n(Studi Komparatif Di Madrasah Tsanawiyyah Qudsiyyah dan Madrasah\r\nTsanawiyyah Negeri Kab. Kota Kudus) (Other)"^^ . . . . . . "MANAJEMEN KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (PBA)\r\n(Studi Komparatif Di Madrasah Tsanawiyyah Qudsiyyah dan Madrasah\r\nTsanawiyyah Negeri Kab. Kota Kudus) (Other)"^^ . . . . . . "MANAJEMEN KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (PBA)\r\n(Studi Komparatif Di Madrasah Tsanawiyyah Qudsiyyah dan Madrasah\r\nTsanawiyyah Negeri Kab. Kota Kudus) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #28092 \n\nMANAJEMEN KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (PBA) \n(Studi Komparatif Di Madrasah Tsanawiyyah Qudsiyyah dan Madrasah \nTsanawiyyah Negeri Kab. Kota Kudus)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Bahasa Arab"@id . . . "Pendidikan Islam (Pesantren)" . .