eprintid: 28096 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/80/96 datestamp: 2017-11-01 07:07:54 lastmod: 2017-11-01 07:07:54 status_changed: 2017-11-01 07:07:54 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Miftakhul Falah Islami, NIM. 1320412152 title: IMPLEMENTASI PERMENDIKBUD RI NO 104 TAHUN 2014 TENTANG PENILAIAN HASIL BELAJAR OLEH PENDIDIK PADA PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN MENENGAH (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab MAN Yogyakarta I dan MAN Yogyakarta III Tahun Pelajaran 2014/2015) ispublished: pub subjects: pba subjects: pen_isl divisions: pps_pai full_text_status: restricted keywords: Pemahaman, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Tindak Lanjut note: Dr. H. Abdul Munip, M.Ag, abstract: Miftakhul Falah Islami, S.Pd.I. IMPLEMENTASI PERMENDIKBUDRI NO 104 TAHUN 2014 TENTANG PENILAIAN HASIL BELAJAR OLEH PENDIDIKPADA PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN MENENGAH (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab MAN Yogyakarta I dan MAN Yogyakarta III Tahun Pelajaran 2014/2015) Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman, perencanaan, pelakasanaan, dan program tindak lanjut mengenai peraturan Permendikbud RI No 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Menengah studi kasus pada mata pelajaran bahasa Arab MAN Yogyakarta I dan MAN Yogyakarta III tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi objek penelitian ini adalah peserta didik kelas X-MIA1 MAN Yogyakarta I dan Peserta didik kelas X-PK1 MAN Yogyakarta III tahun pelajaran 2014/2015. Hasil penelitian ini; pemahaman pendidik mata pelajaran bahasa Arab di MAN Yogyakarta I dan MAN Yogyakarta III secara umum sudah mamahami maksud, tehnik, dan penerapan Penilaian hasil belajar kurikulum 2013 sebagaimana diatur dalam Permendikbud RI No 104 pasal 5. Yang menyebutkan bahwa lingkup penilaian hasil belajar oleh peserta didik mencakup kompetensi sikap spiritual dan sosial, kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan. Pemahaman tersebut selanjutnya diwujudkan oleh pendidik mata pelajaran bahasa Arab di kedua sekolah tersebut pada administrasi perencanaan pembelajaran yang telah disusun pada awal tauhun pelajaran. Seperti RPP, lembar penilaian, kriteria ketuntasan nilai, sampai dengan program tindak lanjut. Dalam mengimplementasikan perencanaan sebagaimana yang telah disiapkan di awal tahun pelajaran, pendidik mata pelajaran bahasa Arab di kedua sekolah tersebut secara umum telah melaksanakan segala perencanaan penilaian hasil belajar peserta didik sebagai mana diatur dalam permendikbud RI No 104 tahun 2014. Akan tetapi, ada yang belum dilaksanakan yaitu penilaian teman sejawat. Pada program tindak lanjut pendidik di kedua sekolah tersebut menggolongkan peserta didik kedalam dua kelompuk. Kelompok pertama, peserta didik yang telah mendapatkan nilai di atas atau sama dengan nilai KKM maka tidak wajib untuk mengikuti perbaikan dan diberikan pengayaan sebagai bentuk pendalaman materi. Dan kelompok kedua, peserta didik yang mendapat nilai di bawah nilai KKM diwajibkan mengikuti perbaikan untuk mencapai nilai KKM. date: 2017-06-19 date_type: published pages: 209 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: PASCASARJANA thesis_type: masters thesis_name: other citation: Miftakhul Falah Islami, NIM. 1320412152 (2017) IMPLEMENTASI PERMENDIKBUD RI NO 104 TAHUN 2014 TENTANG PENILAIAN HASIL BELAJAR OLEH PENDIDIK PADA PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN MENENGAH (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab MAN Yogyakarta I dan MAN Yogyakarta III Tahun Pelajaran 2014/2015). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28096/1/1320412152_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28096/2/1320412152_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf