%A NIM. 1320412196 KHOIRUL ANAM AHMAD HASYIMI %O Dr. Khamim Zarkasih Putro, M.Si. %T PENDIDIKAN KARAKTER DI SD ISLAMIC INTERNATIONAL SCHOOL PESANTREN SABILIL MUTTAQIEN MAGETAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF WHOLE SCHOOL DEVELOPMENT APPROACH %X Khoirul Anam Ahmad Hasyimi. Pendidikan Karakter di SD Islamic International School Pesantren Sabilil Muttaqien Magetan Ditinjau dari Perspektif Whole School Development Approach. Tesis. Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2017. Latar belakang masalah ini adalah pentingnya sebuah sistem dalam menerapkan dan mengembangkan pendidikan karakter, terutama di sekolah. Pendidikan karakter tidak hanya harus diaplikasikan pada kurikulum saja, namun pendidikan karakter ini haruslah bersifat menyeluruh yang mengharuskan semua komponen yang ada di sekolah baik itu manajemen, kepala sekolah, pendidik (guru) dan tenaga kependidikan (staf) menjadi role model, menjadi teladan bagi peserta didik. Pendidikan karakter yang terkurung dalam konsep kurikulum yang hanya mengedepankan perangkat silabus berkarakter, RPP berkarakter, penilaian berbasis karakter tidak akan mampu menciptakan pendidikan karakter sepenuhnya tanpa adanya lingkungan berkarakter yang didukung oleh segenap warga sekolah (school insider). Salah satu model pengembangan manajemen pendidikan karakter yang efektif adalah menggunakan pendekatan pengembangan yang terintegrasi secara menyeluruh (whole school development approach), yaitu suatu pendekatan yang melibatkan seluruh anggota masyarakat sekolah. Penggunaan pendekatan ini didasari oleh adanya kesadaran yang mendalam bahwa keberhasilan suatu pendidikan tidak hanya ditentukan oleh peran sekolah saja melainkan juga oleh peran orang tua dan masyarakat. Masing-masing harus bisa memerankan diri sebagai pendukung dalam keberhasilan penyelenggaraan pendidikan karakter. Penelitian ini dilaksanakan di SD Islamic International School Pesantren Sabilil Muttaqien (SD IIS PSM) Magetan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan sumber data primer yaitu hasil pengamatan/observasi, wawancara, studi dokumen yang ada di SD IIS PSM Magetan. Sedangkan sumber sekunder terdiri dari buku-buku, disertasi, tesis, majalah, jurnal, artikel, dan surat kabar yang berkaitan dengan pengembangan pendidikan karakter di sekolah. Hasil penelitian ini adalah, Pertama, model pengelolaan pendidikan karakter di SD IIS PSM diintegrasikan ke dalam beberapa hal, diantaranya: integrasi ke dalam kurikulum, pembiasaan (habituasi), ekstrakurikuler, program dan budaya sekolah. Pengintegrasian ini didukung oleh warga sekolah, baik manajemen, kepala sekolah, staff/pegawai, dan guru serta orang tua. Kedua, implementasi Pendidikan Karakter di SD IIS PSM Magetan pada umumnya telah dilakukan cukup baik, walaupun belum optimal. Masih ada beberapa hal yang perlu disempurnakan. Ketiga, bahwa dalam pelaksanaan pendidikan karakter dengan whole school development approach ini memiliki faktor pendukung dan faktor penghambat. %K Pendidikan karakter, Whole school development approach. %D 2017 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib28108