%0 Thesis %9 Skripsi %A Robi’atul Adawiyah, NIM. 13670003 %B Fakultas Sains dan Teknologi %D 2017 %F digilib:28114 %I UIN Sunan Kalijaga %K Pengembangan, Instrumen Tes, Literasi Sains, Menjelaskan Fenomena Ilmiah, Energi. %T PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS LITERASI SAINS DALAM ASPEK MENJELASKAN FENOMENA ILMIAH MATERI POKOK ENERGI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28114/ %X Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan instrumen tes yang layak untuk mengukur kemampuan literasi sains siswa pada materi energi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui kualitas, dan validitas instrumen tes berbasis literasi sains dalam aspek menjelaskan fenomena ilmiah materi pokok energi. Desain penelitian ini adalah Research and Development, metode Borg and Gall yang dibatasi sampai pada tahap revisi uji coba awal (main product revision). Instrumen pengumpulan data yang digunakan ialah angket dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Instrumen tes yang dikembangkan mengacu pada indikator dan soal-soal literasi sains yang dikeluarkan oleh oleh Programme for International Student Assessment (PISA). Nilai validitas keseluruhan instrumen tes 0,60 yang berarti berkualitas Tinggi, dan penilaian keseluruhan aspek yaitu aspek materi, literasi sains, konstruksi, dan tata bahasa oleh para ahli memiliki skor 78,33 (Baik), kemudian dinilai oleh dosen ahli IPA dan guru-guru IPA/MTs di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan skor 95,25 yang berarti memiliki kriteria Sangat Baik. %Z Asih Widi Wisudawati, S.Pd., M.Pd