eprintid: 28116 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/81/16 datestamp: 2017-11-01 08:37:35 lastmod: 2017-11-01 08:37:35 status_changed: 2017-11-01 08:37:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: FARIDA SUSANTI, NIM. 1320412222 title: PERANAN GURU DALAM PEMBUDAYAAN AGAMA SISWA (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah Srumbung dan MTs Muhammadiyah Srumbung, Magelang, Jawa Tengah) ispublished: pub subjects: pba subjects: pen_isl divisions: pps_pai full_text_status: restricted keywords: peranan, guru, pembudayaan, agama note: Dr.Muqowim, M.Ag abstract: Farida Susanti, S.Pd.I., Peranan Guru dalam Pembudayaan Agama Siswa (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah Srumbung dan MTs Muhammadiyah Srumbung, Magelang, Jawa Tengah), Tesis, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Globalisasi memberikan dampak positif dan negatif terhadap perkembangan moral manusia. Dampak negatif globalisasi di sekolah adalah degradasi moral yang dilakukan oleh siswa dan termasuk kategori kenakalan remaja. Kenakalan remaja perlu diatasi melalui adanya pembinaan remaja berupa pembudayaan agama di sekolah. SMP Muhammadiyah Srumbung dan MTs Muhammadiyah Srumbung sebagai sekolah berciri khusus al-Islam dan Kemuhammadiyahan berupaya melakukan pembinaan remaja melalui pembudayaan agama siswa di sekolah. Pelaksanaan pembudayaan agama siswa di sekolah memerlukan peranan seluruh guru sehingga proses pembudayaan agama dapat terbentuk dalam jiwa siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan fenomenologi. Lokasi penelitian yang digunakan adalah SMP Muhammadiyah Srumbung dan MTs Muhammadiyah Srumbung, Magelang, Jawa Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi terlibat, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan pembudayaan agama SMP Muhammadiyah Srumbung dan MTs Muhammadiyah Srumbung dilakukan dalam tataran nilai, tataran praktik keseharian dan tataran simbol. Perbedaan terletak pada intensitas kegiatan praktik keseharian. (2) Peranan Guru PAI SMP Muhammadiyah Srumbung sebagai pendidik, pengajar, pengelola pembelajaran, administrator, anggota masyarakat dan pemimpin. Kurangnya intensitas koordinasi dalam pelaksanaan pembudayaan agama mempengaruhi hasil pembudayaan agama siswa SMP Muhammadiyah Srumbung. Sedangkan Peranan Guru PAI MTs Muhammadiyah Srumbung sebagai pendidik, pengajar, pengelola pembelajaran, administrator, anggota masyarakat dan pemimpin. Koordinasi intensif menghasilkan pembudayaan agama siswa secara maksimal. (3) Hasil pembudayaan agama siswa SMP Muhammadiyah Srumbung yaitu prestasi akademik di atas KKM, memiliki prestasi non akademik di tingkat kabupaten, dan output siswa telah membudayakan agama dalam aspek pengalaman diri melalui partisipasi OSIS/IPM. sedangkan hasil pembudayaan agama siswa MTs Muhammadiyah Srumbung yaitu prestasi akademik di atas KKM, memiliki prestasi non akademik di tingkat kecamatan, output telah membudayakan agama dalam aspek pengalaman diri dan masyarakat melalui partisipasi dalam kegiatan organisasi OSIS sebagai ketua juga menjadi muadzin dan pendamping TPA. date: 2017-08-25 date_type: published pages: 179 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: PASCASARJANA thesis_type: masters thesis_name: other citation: FARIDA SUSANTI, NIM. 1320412222 (2017) PERANAN GURU DALAM PEMBUDAYAAN AGAMA SISWA (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah Srumbung dan MTs Muhammadiyah Srumbung, Magelang, Jawa Tengah). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28116/1/1320412222_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28116/2/1320412222_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf