TY - THES N1 - Dr. Abdul Munip, M.Ag.,M.Pd ID - digilib28121 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28121/ A1 - Joko Murjito, NIM. 1320412242 Y1 - 2017/08/24/ N2 - Joko Murjito: Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Pembiasaan Berbahasa Jawa Krama Di SD Negeri 1 Demangan dan MI Miftahul ?Ulum Canden Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali, Tesis, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Nilai-nilai karakter seperti perilaku sopan santun para generasi sekarang, khususnya para peserta didik di SD Negeri 1 Demangan dan MI Miftahul ?Ulum Canden Kecamatan Sambi sudah mulai terkikis seiring berjalannya waktu oleh peradaban jaman, hal ini terbukti dari ketidakmampuan para peserta didik untuk melakukan komunikasi menggunakan Bahasa Jawa Krama kepada orang tua, guru dan orang yang lebih tua. Padahal berkomunikasi secara sopan dan santun juga sesuai dengan ajaran agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Alasan pentingnya nilai-nilai karakter perlu dibiasakan melalui berbahasa Jawa Krama di SD Negeri 1 Demangan dan MI Miftahul ?Ulum Canden Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali; (2) Nilai-nilai karakter yang terkandung melalui pembiasaan berbahasa Jawa Krama di SD Negeri 1 Demangan dan MI Miftahul ?Ulum Canden Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali; (3) Faktor yang mempengaruhi penanaman nilai-nilai karakter melalui pembiasaan berbahasa Jawa Krama di SD Negeri 1 Demangan dan MI Miftahul ?Ulum Canden Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adaah deskriftif kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan: (1) Nilai-nilai karakter yang terdapat dalam pembelajaran Bahasa Jawa Krama penting untuk ditanamkan dan dibiasakan kepada anak didik, karena: (a) Bahasa Jawa Krama belum digunakan oleh sebagian besar anak didik seperti di SD Negeri 1 Demangan dan MI Miftahul ?Ulum Canden untuk berkomunikasi sehari-hari; (b) Bahasa Jawa Krama memiliki fungsi penting bagi anak didik dalam kehidupan sehari-hari, karena Bahasa Jawa Krama memiliki fungsi komunikasi, fungsi edukatif, dan fungsi kultural; (c) Bahasa Jawa Krama dapat membentuk karakter peserta didik; (2) Nilai-nilai karakter yang tertanam melalui pembiasaan Bahasa Jawa Krama bagi peserta didik seperti di SD Negeri 1 Demangan dan MI Miftahul ?Ulum Canden dapat dilihat dari dua perpsektif. Pertama, dilihat dari nilai moral secara umum, pembiasaan Bahasa Jawa Krama mengandung nilai karakter seperti: toleransi, disiplin, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, dan cinta damai. Kedua, dilihat dari perspektif agama Islam, pembiasaan Bahasa Jawa Krama menunjukkan bahwa peserta didik tersebut memiliki karakter atau sikap: berbakti kepada orang tua, dan berbakti kepada guru; (3) Faktor yang mempengaruhi pembiasaan Bahasa Jawa Krama bagi peserta didik seperti di SD Negeri 1 Demangan dan MI Miftahul ?Ulum Canden antara lain: (a) Faktor lingkungan, yaitu ada/tidaknya kesediaan orang tua menanamkan sejak dini penggunaan Bahasa Jawa Krama untuk berkomunikasi sehari-hari kepada anaknya; (b) Faktor psikologis, yaitu sikap peduli orang tua dan generasi muda vii terhadap kelestarian Bahasa Jawa Krama di tengah era globalisasi; dan (c) Faktor pendidikan, yaitu kompetensi guru dalam menggunakan metode dan media pembelajaran Bahasa Jawa Krama, motivasi belajar peserta didik mempelajari Bahasa Jawa Krama, serta sarana dan prasarana seperti ketersediaan buku-buku Bahasa Jawa Krama di perpustakaan sekolah. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Karakter KW - Bahasa Jawa Krama. M1 - masters TI - PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN BERBAHASA JAWA KRAMA DI SD NEGERI 1 DEMANGAN DAN MI MIFTAHUL ?ULUM CANDEN KECAMATAN SAMBI KABUPATEN BOYOLALI AV - restricted EP - 176 ER -