TY - THES N1 - Agus Kamaludin, M.Pd, ID - digilib28125 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28125/ A1 - Lu?lu Mahfudzoh, NIM. 13670012 Y1 - 2017/07/13/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan Individualized Education Program (IEP) untuk peserta didik Tuli, (2) Mengetahui kualitas pengembangan Individualized Education Program (IEP) untuk peserta didik Tuli, (3) Mengetahui nilai indeks inklusivitas SMAN 1 Sewon. Penelitian pengembangan Individualized Education Program (IEP) ini menggunakan metode Research and Development (R & D) dengan menggunakan langkah-langkah model 4-D yang dicetuskan oleh Thiagarajan dan Semmel tahun 1974 yang meliputi tahap: (1) define yaitu analisis awal, analisis peserta didik berkebutuhan khusus, dan analisis kebutuhan; (2) design yaitu pengembangan produk Individualized Education Program (IEP) menurut Ministry of Education British Columbia (2009) yang berjudul Individual Education Planning for Students with Special Needs: A Resource Guide for Teachers yang terdiri dari empat langkah yaitu: Assessment, Collaboration, Writing, Introducing; (3) develop yaitu validasi ahli materi, ahli media, dan penilaian teman sejawat (peer review), revisi, penilaian guru kimia reguler dan guru pendamping khusus. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan instrumen daftar cek, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu Skala Likert. Hasil penelitian pengembangan Individualized Education Program (IEP) yaitu dalam mengembangkan Individualized Education Program (IEP) untuk peserta didik Tuli yaitu identitas peserta didik Tuli, Tim pengembangan IEP, asesmen yang dilakukan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan yang dimiliki peserta didik Tuli, rencana perlakuan, dan lain-lain. Kualitas pengembangan IEP untuk peserta didik Tuli berdasarkan penilaian guru kimia reguler dan guru pendamping khusus mendapatkan kategori Baik (B) dengan persentase keidealan 82,22%. Sedangkan indeks inklusivitas SMA Negeri 1 Sewon secara keseluruhan adalah baik yang terdiri atas beberapa penilaian indeks inklusivitas dari kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bagian kurikulum dengan kategori Baik (B) dan persentase keidealan 95,66%, bagian tata usaha dengan kategori Baik (B) dan persentase keidealan 90,5%, guru kimia reguler dengan kategori Baik (B) dan persentase 95,4%, dan guru pendamping khusus dengan kategori Baik (B) dan persentase 99%. PB - UIN Sunan Kalijaga KW - pengembangan IEP KW - Tuli KW - indeks inklusivitas KW - perangkat pembelajaran modifikasi M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN INDIVIDUALIZED EDUCATION PROGRAM (IEP) UNTUK PESERTA DIDIK TULI DI SMAN 1 SEWON AV - restricted EP - 220 ER -