@phdthesis{digilib28134, month = {August}, title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR KIMIA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMAN 1 SEWON}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {NIM.13670024 Khairunnisa}, year = {2017}, note = {Asih Widi Wisudawati, M.Pd}, keywords = {kelarutan dan Ksp, kreativitas berpikir, dan model pembelajaran Treffinger.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28134/}, abstract = {Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design yang bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kreativitas berpikir kognitif kimia dan sikap kreativitas kimia peserta didik. Kajian pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kreativitas berpikir kognitif kimia dilakukan dengan metode tes. Instrumen yang digunakan yaitu soal essay untuk mengukur indikator kreativitas berpikir yaitu kelancaran, orisinil, dan evaluasi. Data pretest dan posttest selanjutnya diolah untuk mendapatkan data nilai kreativitas berpikir kognitif kimia. Analisis menggunakan uji statistika parametrik uji t untuk mengkaji pengaruh implementasi model pembelajaran terhadap kreativitas berpikir kognitif kimia peserta didik. Sedangkan untuk kajian pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap sikap kreativitas kimia peserta didik dilakukan dengan metode self assessment. Instrumen yang digunakan berupa angket. Analisis data skor hasil sikap kreativitas kimia dilakukan menggunakan uji statistika non parametrik uji Mann Whitney untuk mengkaji pengaruh implementasi model pembelajaran terhadap sikap kreativitas kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Treffinger terhadap kreativitas berpikir kognitif kimia dan sikap kreativitas kimia peserta didik. Hasil uji statistika terhadap kreativitas berpikir kognitif kimia diperoleh nlai sig. (2-tailed) sebesar 0,018. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor kreativitas berpikir kognitif kimia peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji statistika terhadap sikap kreativitas kimia peserta didik diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,004. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor skala kemampuan kreativitas berpikir kimia peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran Treffinger mampu meningkatkan kreativitas berpikir kimia pada peserta didik.} }