eprintid: 28140 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/81/40 datestamp: 2017-11-02 03:28:34 lastmod: 2017-11-02 03:28:34 status_changed: 2017-11-02 03:28:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Markisinta Tusri Ningsih, NIM. 13670029 title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SALLERING DAN TSTS PADA MATERI KOLOID TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK ispublished: pub subjects: pen_kim divisions: jur_pekim full_text_status: restricted keywords: hasil belajar kognitif , keaktifan, model pembelajaran Sallering , TSTS note: Khamidinal, M.Si abstract: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design yang bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Sallering dan TSTS terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Kajian pengaruh model pembelajaran Sallering dan TSTS terhadap keaktifan peserta didik dilakukan dengan metode observasi. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan lembar observasi keaktifan untuk mengukur indikator kemampuan mengemukakan pendapat, merespon pertanyaan atau pernyataan, dan respect. Data angket dan lembar observasi selanjutnya diolah untuk mendapatkan data skor keaktifan. Analisis pengaruh model Sallering dan TSTS terhadap keaktifan dilakukan dengan menggunakan uji statistik non parametrik yaitu uji Mann Whitney untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan untuk kajian pengaruh model Sallering dan TSTS terhadap hasil belajar peserta didik dilakukan dengan metode tes. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda. Analisis data skor yang digunakan menggunakan uji statistik parametrik independent sample t-test untuk mengkaji adanya pengaruh model pembelajaran. Hasil uji statistik terhadap skor keaktifan diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,001. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor keaktifan peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji statistik terhadap hasil belajar peserta didik diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan ini penggunaan model pembelajaran Sallering dan TSTS mampu meningkatkan keaktifan peserta didik dan juga hasil belajar dari peserta didik. date: 2017-08-10 date_type: published pages: 178 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Sains dan Teknologi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Markisinta Tusri Ningsih, NIM. 13670029 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SALLERING DAN TSTS PADA MATERI KOLOID TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28140/1/13670029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28140/2/13670029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf