%A NIM. 13607707 Chalidin Shaleh Zarkasyi %O Khamidinal, M.Si %T PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING DALAM SETTING TEAM-ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS X MAN 3 SLEMAN %X Penelitian dengan judul “Pengaruh Pendekatan Problem Posing dalam Setting Team-Assisted Individualization Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif” bertujuan untuk mengkaji: (1) pengaruh pendekatan problem posing dalam setting Team-Assisted Individualization terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik dan (2) efektifitas pendekatan pembelajaran problem posing dalam setting Team- Assisted Individualization. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan Control Group Pretest and Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X dengan kelas X MIPA I sebagai kelas eksperimen dan X MIPA II sebagai kelas kontrol. Metode penelitian untuk mengkaji pengaruh pendekatan problem posing dalam setting Team-Assisted Individualization adalah tes dengan instrumen tes kemampuan berpikir kreatif. Analisis yang digunakan menggunakan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diuji menggunakan uji t. Sedangkan metode penelitian untuk mengkaji efektivitas pendekatan problem posing dalam setting Team-Assisted Individualization adalah tes dengan instrumen tes kemampuan kognitif. Analisis yang digunakan untuk keefektifan menggunakan uji t dengan kriteria keefektifan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dibandingkan dengan nilai standar kriteria efektivitas batas atas. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan pendekatan problem posing dalam setting Team-Assisted Individualization berpengaruh terhadap kemampuan berfikir kreatif peserta didik kelas X dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 kurang dari %K kemampuan berpikir kreatif, problem posing, dan Team-Assisted Individualization %D 2017 %I UIN Sunan Kalijaga %L digilib28145