relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28159/ title: PENGEMBANGAN MOLKI.ID (MODUL KIMIA-ANDROID) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI KIMIA PADA MATERI LAJU REAKSI UNTUK SMA/MA KELAS XI creator: D.Adi Prastiyo Utomo, NIM. 13670040 subject: Pendidikan Kimia description: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan: (1) mengetahui kualitas dari Molki.id (Modul Kimia Android) sebagai media pembelajaran mandiri kimia pada materi laju reaksi untuk SMA/MA kelas XI, (2) Mengetahui respon peserta didik terhadap Molki.id (modul kimia android) sebagai media pembelajaran mandiri kimia pada materi laju reaksi untuk SMA/MA kelas XI yang dikembangkan, (3) Mengetahui keefektifan dari Molki.id (modul kimia android) sebagai media pembelajaran mandiri kimia pada materi laju reaksi untuk SMA/MA kelas XI Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pengembangan 4D model (Four D Model) oleh Thiagarajan, yang terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) define; (2) design; (3) develop; dan (4) disseminate. Pengembangan Molki.id (Modul Kimia Android) mendapat masukan dari dosen pembimbing serta masukan dan penilaian dari dua dosen ahli (ahli materi dan ahli media), tiga guru kimia, respon dan evaluasi dari 11 peserta didik SMA kelas XI. Intrumen penilaian Molki.id (modul kimia android) ini berupa angket penilaian kualitas yang berisi aspek dan kriteria penilaian meliputi 6 aspek penilaian dan 34 indikator penilaian serta lembar evaluasi berupa 15 soal evaluasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) produk Molki.id (modul kimia android) berdasarkan penilaian ahli materi mendapatkan skor 60 dengan persentase keidealan 80% dan kualitas Baik (B), menurut penilaian ahli media mendapatkan skor 93 dengan persentase keidealan 97,89% dan kualitas Sangat Baik (SB), serta menurut penilaian guru kimia mendapatkan skor rata-rata 149,67 dengan persentase keidealan 88,04% dan kualitas Sangat Baik (SB), (2) respon peserta didik terhadap Molki.id (modul kimia android) mendapatkan persentase keidealan 94%, (3) skor hasil evaluasi menunjukkan 81,81% dari jumlah peserta didik memperoleh skor di atas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 70 pada soal evaluasi dengan klasifikasi ketuntasan klasikal Sangat Baik (SB). date: 2017-08-02 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28159/1/13670040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28159/2/13670040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: D.Adi Prastiyo Utomo, NIM. 13670040 (2017) PENGEMBANGAN MOLKI.ID (MODUL KIMIA-ANDROID) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI KIMIA PADA MATERI LAJU REAKSI UNTUK SMA/MA KELAS XI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.