@phdthesis{digilib28167, month = {August}, title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) MENGGUNAKAN KARTU JODOH TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KERJASAMA PESERTA DIDIK KELAS X MIPA MAN YOGYAKARTA II}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {NIM.13670049 Yustika Ardiningsih}, year = {2017}, note = {Agus Kamaludin, M.Pd,}, keywords = {hasil belajar, kartu jodoh, kerjasama, kuasi eksperimen, model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT).}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28167/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) menggunakan kartu jodoh terhadap hasil belajar dan kerjasama peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent control group design yang dilakukan di MAN Yogyakarta II kelas X MIPA Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA yang terdiri dari 3 kelas. Sampel yang diambil adalah kelas X MIPA 1 (kelas eksperimen) dan X MIPA 2 (kelas kontrol) dengan teknik pengambilan simple random sampling. Kajian terhadap pengaruh hasil belajar dengan metode tes. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda. Analisis skor hasil belajar dilakukan menggunakan uji statistika parametrik uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model TGT menggunakan kartu jodoh berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji statistika terhadap hasil belajar peserta didik diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,015. Sedangkan untuk kajian pengaruh model pembelajaran TGT terhadap kerjasama dilakukan dengan metode self assessment. Instrumen yang digunakan yaitu angket kerjasama. Data skor kerjasama dianalisis menggunakan statistika nonparametrik uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT menggunakan kartu jodoh berpengaruh terhadap kerjasama peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji statistika terhadap kerjasama diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,007. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran TGT menggunakan kartu jodoh mampu meningkatkan hasil belajar dan kerjasama peserta didik.} }