TY - THES N1 - Karmanto, M.Sc, ID - digilib28169 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28169/ A1 - Purwanti, NIM. 13670050 Y1 - 2017/08/03/ N2 - Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design yang bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran ARCS terhadap durabilitas konsentrasi dan hasil belajar peserta didik. Kajian pengaruh model pembelajaran ARCS terhadap durabilitas konsentrasi peserta didik dilakukan dengan metode observasi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi durabilitas konsentrasi untuk mengukur indikator antusiasme, merespon pernyataan atau pertanyaan, dan respect. Data lembar observasi selanjutnya diolah untuk mendapatkan data skor durabilitas konsentrasi. Analisis menggunakan uji statistika non parametrik uji Mann- Whitney untuk mengkaji pengaruh implementasi model pembelajaran. Sedangkan untuk kajian pengaruh model pembelajaran ARCS terhadap hasil belajar peserta didik dilakukan dengan metode tes. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda. Analisis data skor hasil belajar dilakukan menggunakan uji statistika parametrik uji One-Way Anova untuk mengkaji pengaruh implementasi model pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran ARCS terhadap durabilitas konsentrasi dan hasil belajar peserta didik. Hasil uji statistika terhadap skor durabilitas konsentrasi diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor durabilitas konsentrasi peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji statistika terhadap hasil belajar peserta didik diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,011. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran ARCS mampu meningkatkan durabilitas konsentrasi peserta didik dan berdampak juga kepada hasil belajar peserta didik. PB - UIN Sunan Kalijaga KW - durabilitas konsentrasi KW - hasil belajar KW - model pembelajaran ARCS (Attention KW - Relevance KW - Confidence KW - Satisfaction) M1 - skripsi TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) TERHADAP DURABILITAS KONSENTRASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAN WONOKROMO BANTUL AV - restricted EP - 200 ER -