eprintid: 28169 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/81/69 datestamp: 2017-11-02 06:59:00 lastmod: 2017-11-02 06:59:00 status_changed: 2017-11-02 06:59:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Purwanti, NIM. 13670050 title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) TERHADAP DURABILITAS KONSENTRASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAN WONOKROMO BANTUL ispublished: pub subjects: pen_kim divisions: jur_pekim full_text_status: restricted keywords: durabilitas konsentrasi, hasil belajar, model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) note: Karmanto, M.Sc, abstract: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design yang bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran ARCS terhadap durabilitas konsentrasi dan hasil belajar peserta didik. Kajian pengaruh model pembelajaran ARCS terhadap durabilitas konsentrasi peserta didik dilakukan dengan metode observasi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi durabilitas konsentrasi untuk mengukur indikator antusiasme, merespon pernyataan atau pertanyaan, dan respect. Data lembar observasi selanjutnya diolah untuk mendapatkan data skor durabilitas konsentrasi. Analisis menggunakan uji statistika non parametrik uji Mann- Whitney untuk mengkaji pengaruh implementasi model pembelajaran. Sedangkan untuk kajian pengaruh model pembelajaran ARCS terhadap hasil belajar peserta didik dilakukan dengan metode tes. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda. Analisis data skor hasil belajar dilakukan menggunakan uji statistika parametrik uji One-Way Anova untuk mengkaji pengaruh implementasi model pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran ARCS terhadap durabilitas konsentrasi dan hasil belajar peserta didik. Hasil uji statistika terhadap skor durabilitas konsentrasi diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor durabilitas konsentrasi peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji statistika terhadap hasil belajar peserta didik diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,011. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran ARCS mampu meningkatkan durabilitas konsentrasi peserta didik dan berdampak juga kepada hasil belajar peserta didik. date: 2017-08-03 date_type: published pages: 200 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Sains dan Teknologi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Purwanti, NIM. 13670050 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) TERHADAP DURABILITAS KONSENTRASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAN WONOKROMO BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28169/1/13670050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28169/2/13670050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf