%0 Thesis %9 Masters %A Aulia Rohmana, NIM. 1520410021 %B Pascasarjana %D 2017 %F digilib:28202 %I UIN Sunan Kalijaga %K Model Kepemimpinan, Kinerja Pendidik, Tenaga Kependidikan %P 195 %T MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI MTsN SAMPIT KALIMANTAN TENGAH %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28202/ %X Kepala madrasah merupakan pemimpin yang menggerakkan sekolah/madrasah dalam mencapai tujuannya. Kepala madrasah harus memiliki model kepemimpinan yang efektif dan tepat, sehingga berjalannya suatu lembaga pendidikan akan maksimal dan mampu mencetak peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualitas. Untuk mewujudkan hal tersebut tentunya diperlukan dukungan semua warga sekolah dan semua pihak yang terkait didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pertama, model kepala madrasah guna meningkatkan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan di MTsN Sampit. Kedua, implementasi kepala madrasah guna meningkatkan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan di MTsN Sampit. Ketiga, capaian kinerja pendidik dan tenaga kependidikan di MTsN Sampit. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan jenis penelitian deskriptif yang menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dalam peenlitian ini menggunakan metode pengamatan (observasi), wawancara (interview), dokumentasi, dengan penguji kredibilitas yaitu: triangulasi teknik dan sumber. Analisis data pada penelitian ini menggunakan narasi deskriptif kualitatif. Fokus kajian penelitian yaitu model kepemimpinan kepala madarsah guna meningkatkan kinerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di MTsN Sampit Kalimantan Tengah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, model kepemimpinan kepala madrasah yaitu, kharismatik, administratif, dan demonstrasi. Kedua, implementasi model kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan yaitu sesuai dengan ilmu manajemen: 1) perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Ketiga, capaian model kepemimpinaan kepala madarsah terbukti sangat berhasil dalam meningkatkan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan. Hal ini dapat dilihat dari capaian kinerja pendidik dan tenaga kependidikan yang sangat baik serta tata tertib, tugas-tugas dan aturan-aturan yang telah dibuat ditaati dan dilaksanakan. Namun memang ada beberapa hal yang kurang yaitu tenaga kependidikan yang belum maksimal melaksanakan tugasnya. Hal ini dikarenakan lantaran kesehatan. Kata Kunci: Model Kepemimpinan, Kinerja Pendidik, Tenaga Kependidikan %Z Dr. Sangkot Sirait, M. Ag,