<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BAHASA ARAB\r\nBERPERSPEKTIF GENDER BAGI SISWA KELAS VII MTs NEGERI\r\nKARE MADIUN"^^ . "Bahan ajar merupakan salah satu komponen utama dari kurikulum. Bahan\r\najar yang adil dan setara bagi anak perempuan dan laki-laki sangat penting untuk\r\nmenghindari terjadinya bias gender. Hasil pengamatan di MTs Negeri Kare\r\nMadiun menunjukkan bahan ajar yang digunakan terdapat pembagian peran\r\ngender yang masih tidak setara dan adil, Dampaknya dapat mendorong persepsi\r\nyang negatif dalam hubungan gender dan terhadap sikap dan motivasi belajar\r\nsiswa baik perempuan maupun laki-laki. Penelitian bertujuan untuk\r\nmengembangkan dan membuat bahan ajar modul bahasa Arab yang menarik,\r\ndapat dipelajari secara mandiri dan proporsional dalam menyajikan peran gender.\r\nPenelitian ini menggunakan jenis penelitian R & D. Potensi dan masalah\r\nyang peneliti temukan adalah adanya bahan ajar tidak adil gender berupa bentuk\r\ngambar yang hanya diwakili oleh tokoh pria, stereotipe atau penggambaran citra\r\nbaku, dimana laki-laki diharapkan sebagai sosok yang pemberani dan perempuan\r\ncocok dengan kelembutan, Subordinasi atau penomorduaan, dalam hal ini\r\ndigambarkan dalam hal pekerjaan dan jabatan yang dijabat oleh seseorang:\r\nmisalnya ayah membaca koran, ibu memasak nasi di dapur, ayah seorang guru\r\nbahasa Arab dan kakek sorang dokter dan double burden atau peran ganda.\r\nPeneliti mengumpulkan informasi dan mendapati siswa kurang menguasai materi\r\nmuannas karena seringkali materi yang muncul berbentuk mudzakar, guru saat\r\nmemilih bahan ajar hanya menimbang KI-KD, tidak memerhatikan aspek gender\r\ndalam bahan ajar. Pengembangkan bahan ajar modul berperspektif gender telah\r\nditentukan desan pembelajaran yakni KI-KD, tujuan pembelajaran, materi dan\r\nevaluasi, kemudian dikembangkan sesuai prinsip karakteristik modul, desain\r\nmodul dan desain bahan ajar modul berperspektif gender.\r\nHasil Validasi ahli materi terhadap bahan ajar modul berperspektif gender\r\nbagi siswa kelas VII MTs Negeri Kare Madiun mendapat nilai prosentase 82%\r\nsehingga dapat dikategorikan “Sangat Baik”. Kemudian hasil validasi ahli media\r\nterhadap bahan ajar modul berperspektif gender bagi siswa kelas VII MTs Negeri\r\nKare Madiun mendapat nilai prosentase 78% sehingga dapat dikategorikan\r\n“Baik”. Sedangkan hasil validasi ahli gender terhadap bahan ajar modul\r\nberperspektif gender bagi siswa kelas VII MTs Negeri Kare Madiun mendapat\r\nnilai prosentase 86% sehingga dapat dikategorikan “Sangat Baik”\r\nHasil respon guru bahasa Arab terhadap bahan ajar modul berperspektif\r\ngender bagi siswa kelas VII MTs Negeri Kare Madiun mendapat nilai prosentase\r\n88 % sehingga dapat dikategorikan “Sangat Baik”. Sedangkan hasil respon siswa\r\nyang diambil sampel 20 siswa mendapat nilai prosentase 88 % atau termasuk\r\ndalam kategori “Sangat Baik”. Sehingga bahan ajar modul berperspektif gender\r\nbagi siswa kelas VII MTs Negeri Kare Madiun layak dijadikan bahan ajar bahasa\r\narab alternatif/penunjang di MTs Negeri Kare Madiun.\r\nKata Kunci : Bahan Ajar, Modul Bahasa Arab, Gender"^^ . "2017-08-21" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Pascasarjana, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM : 1520410057"^^ . "Irsyad Kholis Fatchurrozaq"^^ . "NIM : 1520410057 Irsyad Kholis Fatchurrozaq"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BAHASA ARAB\r\nBERPERSPEKTIF GENDER BAGI SISWA KELAS VII MTs NEGERI\r\nKARE MADIUN (Text)"^^ . . . . . "1520410057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BAHASA ARAB\r\nBERPERSPEKTIF GENDER BAGI SISWA KELAS VII MTs NEGERI\r\nKARE MADIUN (Text)"^^ . . . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BAHASA ARAB\r\nBERPERSPEKTIF GENDER BAGI SISWA KELAS VII MTs NEGERI\r\nKARE MADIUN (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BAHASA ARAB\r\nBERPERSPEKTIF GENDER BAGI SISWA KELAS VII MTs NEGERI\r\nKARE MADIUN (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BAHASA ARAB\r\nBERPERSPEKTIF GENDER BAGI SISWA KELAS VII MTs NEGERI\r\nKARE MADIUN (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BAHASA ARAB\r\nBERPERSPEKTIF GENDER BAGI SISWA KELAS VII MTs NEGERI\r\nKARE MADIUN (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BAHASA ARAB\r\nBERPERSPEKTIF GENDER BAGI SISWA KELAS VII MTs NEGERI\r\nKARE MADIUN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BAHASA ARAB\r\nBERPERSPEKTIF GENDER BAGI SISWA KELAS VII MTs NEGERI\r\nKARE MADIUN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BAHASA ARAB\r\nBERPERSPEKTIF GENDER BAGI SISWA KELAS VII MTs NEGERI\r\nKARE MADIUN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BAHASA ARAB\r\nBERPERSPEKTIF GENDER BAGI SISWA KELAS VII MTs NEGERI\r\nKARE MADIUN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BAHASA ARAB\r\nBERPERSPEKTIF GENDER BAGI SISWA KELAS VII MTs NEGERI\r\nKARE MADIUN (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BAHASA ARAB\r\nBERPERSPEKTIF GENDER BAGI SISWA KELAS VII MTs NEGERI\r\nKARE MADIUN (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #28212 \n\nPENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BAHASA ARAB \nBERPERSPEKTIF GENDER BAGI SISWA KELAS VII MTs NEGERI \nKARE MADIUN\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam (Pesantren)" . .