eprintid: 28212 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/82/12 datestamp: 2017-11-06 06:33:47 lastmod: 2017-11-06 06:33:47 status_changed: 2017-11-06 06:33:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Irsyad Kholis Fatchurrozaq, NIM : 1520410057 title: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BAHASA ARAB BERPERSPEKTIF GENDER BAGI SISWA KELAS VII MTs NEGERI KARE MADIUN ispublished: pub subjects: pen_isl divisions: pps_pai full_text_status: restricted keywords: Bahan Ajar, Modul Bahasa Arab, Gender note: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd abstract: Bahan ajar merupakan salah satu komponen utama dari kurikulum. Bahan ajar yang adil dan setara bagi anak perempuan dan laki-laki sangat penting untuk menghindari terjadinya bias gender. Hasil pengamatan di MTs Negeri Kare Madiun menunjukkan bahan ajar yang digunakan terdapat pembagian peran gender yang masih tidak setara dan adil, Dampaknya dapat mendorong persepsi yang negatif dalam hubungan gender dan terhadap sikap dan motivasi belajar siswa baik perempuan maupun laki-laki. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan dan membuat bahan ajar modul bahasa Arab yang menarik, dapat dipelajari secara mandiri dan proporsional dalam menyajikan peran gender. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R & D. Potensi dan masalah yang peneliti temukan adalah adanya bahan ajar tidak adil gender berupa bentuk gambar yang hanya diwakili oleh tokoh pria, stereotipe atau penggambaran citra baku, dimana laki-laki diharapkan sebagai sosok yang pemberani dan perempuan cocok dengan kelembutan, Subordinasi atau penomorduaan, dalam hal ini digambarkan dalam hal pekerjaan dan jabatan yang dijabat oleh seseorang: misalnya ayah membaca koran, ibu memasak nasi di dapur, ayah seorang guru bahasa Arab dan kakek sorang dokter dan double burden atau peran ganda. Peneliti mengumpulkan informasi dan mendapati siswa kurang menguasai materi muannas karena seringkali materi yang muncul berbentuk mudzakar, guru saat memilih bahan ajar hanya menimbang KI-KD, tidak memerhatikan aspek gender dalam bahan ajar. Pengembangkan bahan ajar modul berperspektif gender telah ditentukan desan pembelajaran yakni KI-KD, tujuan pembelajaran, materi dan evaluasi, kemudian dikembangkan sesuai prinsip karakteristik modul, desain modul dan desain bahan ajar modul berperspektif gender. Hasil Validasi ahli materi terhadap bahan ajar modul berperspektif gender bagi siswa kelas VII MTs Negeri Kare Madiun mendapat nilai prosentase 82% sehingga dapat dikategorikan “Sangat Baik”. Kemudian hasil validasi ahli media terhadap bahan ajar modul berperspektif gender bagi siswa kelas VII MTs Negeri Kare Madiun mendapat nilai prosentase 78% sehingga dapat dikategorikan “Baik”. Sedangkan hasil validasi ahli gender terhadap bahan ajar modul berperspektif gender bagi siswa kelas VII MTs Negeri Kare Madiun mendapat nilai prosentase 86% sehingga dapat dikategorikan “Sangat Baik” Hasil respon guru bahasa Arab terhadap bahan ajar modul berperspektif gender bagi siswa kelas VII MTs Negeri Kare Madiun mendapat nilai prosentase 88 % sehingga dapat dikategorikan “Sangat Baik”. Sedangkan hasil respon siswa yang diambil sampel 20 siswa mendapat nilai prosentase 88 % atau termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Sehingga bahan ajar modul berperspektif gender bagi siswa kelas VII MTs Negeri Kare Madiun layak dijadikan bahan ajar bahasa arab alternatif/penunjang di MTs Negeri Kare Madiun. Kata Kunci : Bahan Ajar, Modul Bahasa Arab, Gender date: 2017-08-21 date_type: published pages: 253 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other citation: Irsyad Kholis Fatchurrozaq, NIM : 1520410057 (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BAHASA ARAB BERPERSPEKTIF GENDER BAGI SISWA KELAS VII MTs NEGERI KARE MADIUN. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28212/1/1520410057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28212/2/1520410057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf