%0 Thesis
%9 Masters
%A Ira Nurhasanah, NIM: 1520410070
%B Pascasarjana
%D 2017
%F digilib:28215
%I UIN Sunan Kalijaga
%K Eksperimen Model Pembelajaran Kumon, Konsentrasi Belajar dan  Prestasi Siswa
%P 251
%T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KUMON TERHADAP  KONSENTRASI BELAJAR DAN PRESTASI BAHASA ARAB SISWA  SEKOLAH DASAR  (Studi Eksperimen Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sagan Yogyakarta)
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28215/
%X Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas model  pembelajaran Kumon terhadap konsentrasi belajar dan prestasi bahasa Arab siswa  kelas V SD Muhammadiyah Sagan Yogyakarta. Hal ini dilatarbelakangi oleh  penguasaan keterampilan berbahasa yang tidak cukup hanya dengan membaca,  tetapi perlu latihan, pengulangan, dan pembiasaan. Model pembelajaran Kumon  menekankan pada latihan, pengulangan dan pembiasaan yang tertuang dalam  lembar kerja. Selain itu, model pembelajaran Kumon mendukung terhadap  penguasaan berbagai unsur dan kemahiran dalam bahasa Arab.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi atan  eksperimen semu dengan design non equivalent pre-test post-test control groups  design. Kelas V Ibnu Washil sebagai kelas kontrol dan kelas V Ibnu Fadlan  sebagai kelas eksperimen. Kedua kelas dipilih sebagai kelas eksperimen dan kelas  kontrol karena kesamaan keduanya dalam berbagai hal seperti nilai rata-rata, jam  pelajaran, jumlah siswa, serta ruang kelas yang relatif sama. Teknik angket,  pengamatan dan interview adalah teknik yang digunakan oleh peneliti untuk  mengetahui tingkat konsentrasi kedua kolompok. Adapun untuk mengetahui  prestasi bahasa Arab kedua kelompok peneliti menggunakan teknik pretest dan  posttest pada dua kelompok yang menggunakan model pembelajaran yang  berbeda. Untuk menguji hipotesisnya peneliti menggunakan pendekatan  kuantitatif dengan Independent Sample Test bermediakan SPSS.16.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Kumon cukup  epektif dan memberi berpengaruh terhadap konsentrasi dan prestasi belajar bahasa  Arab siswa. Perbedaan ini tampak pada jumlah siswa kelas eksperimen yang lebih  memenuhi indikator konsentrasi daripada kelas kontrol. Selain itu, tampak juga  perbedaan rata-rata nilai post test yang diperoleh oleh kelas kontrol 62. 25 dan  kelas eksperimen 68.83. Perbandingan antara hasil kelas eksperimen dan dan  kelas kontrol berdasarkan uji stastik independent sample test dengan  menggunakan SPSS.16 menghasilkan signifikansi 0.04 yang menunjukkan  signifikan. Dengan demikian, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil post  test kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Kumon dan kelas  Kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Maka model  pembelajaran Kumon cukup epektif digunakan untuk pembelajaran bahasa Arab  di sekolah dasar.  Kata Kunci: Eksperimen Model Pembelajaran Kumon, Konsentrasi Belajar dan  Prestasi Siswa
%Z Dr. Muqowim, M.Ag.