<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KUMON TERHADAP\r\nKONSENTRASI BELAJAR DAN PRESTASI BAHASA ARAB SISWA\r\nSEKOLAH DASAR\r\n(Studi Eksperimen Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sagan Yogyakarta)"^^ . "Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas model\r\npembelajaran Kumon terhadap konsentrasi belajar dan prestasi bahasa Arab siswa\r\nkelas V SD Muhammadiyah Sagan Yogyakarta. Hal ini dilatarbelakangi oleh\r\npenguasaan keterampilan berbahasa yang tidak cukup hanya dengan membaca,\r\ntetapi perlu latihan, pengulangan, dan pembiasaan. Model pembelajaran Kumon\r\nmenekankan pada latihan, pengulangan dan pembiasaan yang tertuang dalam\r\nlembar kerja. Selain itu, model pembelajaran Kumon mendukung terhadap\r\npenguasaan berbagai unsur dan kemahiran dalam bahasa Arab.\r\nMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi atan\r\neksperimen semu dengan design non equivalent pre-test post-test control groups\r\ndesign. Kelas V Ibnu Washil sebagai kelas kontrol dan kelas V Ibnu Fadlan\r\nsebagai kelas eksperimen. Kedua kelas dipilih sebagai kelas eksperimen dan kelas\r\nkontrol karena kesamaan keduanya dalam berbagai hal seperti nilai rata-rata, jam\r\npelajaran, jumlah siswa, serta ruang kelas yang relatif sama. Teknik angket,\r\npengamatan dan interview adalah teknik yang digunakan oleh peneliti untuk\r\nmengetahui tingkat konsentrasi kedua kolompok. Adapun untuk mengetahui\r\nprestasi bahasa Arab kedua kelompok peneliti menggunakan teknik pretest dan\r\nposttest pada dua kelompok yang menggunakan model pembelajaran yang\r\nberbeda. Untuk menguji hipotesisnya peneliti menggunakan pendekatan\r\nkuantitatif dengan Independent Sample Test bermediakan SPSS.16.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Kumon cukup\r\nepektif dan memberi berpengaruh terhadap konsentrasi dan prestasi belajar bahasa\r\nArab siswa. Perbedaan ini tampak pada jumlah siswa kelas eksperimen yang lebih\r\nmemenuhi indikator konsentrasi daripada kelas kontrol. Selain itu, tampak juga\r\nperbedaan rata-rata nilai post test yang diperoleh oleh kelas kontrol 62. 25 dan\r\nkelas eksperimen 68.83. Perbandingan antara hasil kelas eksperimen dan dan\r\nkelas kontrol berdasarkan uji stastik independent sample test dengan\r\nmenggunakan SPSS.16 menghasilkan signifikansi 0.04 yang menunjukkan\r\nsignifikan. Dengan demikian, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil post\r\ntest kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Kumon dan kelas\r\nKontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Maka model\r\npembelajaran Kumon cukup epektif digunakan untuk pembelajaran bahasa Arab\r\ndi sekolah dasar.\r\nKata Kunci: Eksperimen Model Pembelajaran Kumon, Konsentrasi Belajar dan\r\nPrestasi Siswa"^^ . "2017-08-11" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Pascasarjana, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM: 1520410070"^^ . "Ira Nurhasanah"^^ . "NIM: 1520410070 Ira Nurhasanah"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KUMON TERHADAP\r\nKONSENTRASI BELAJAR DAN PRESTASI BAHASA ARAB SISWA\r\nSEKOLAH DASAR\r\n(Studi Eksperimen Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sagan Yogyakarta) (Text)"^^ . . . . . "1520410070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KUMON TERHADAP\r\nKONSENTRASI BELAJAR DAN PRESTASI BAHASA ARAB SISWA\r\nSEKOLAH DASAR\r\n(Studi Eksperimen Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sagan Yogyakarta) (Text)"^^ . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KUMON TERHADAP\r\nKONSENTRASI BELAJAR DAN PRESTASI BAHASA ARAB SISWA\r\nSEKOLAH DASAR\r\n(Studi Eksperimen Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sagan Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KUMON TERHADAP\r\nKONSENTRASI BELAJAR DAN PRESTASI BAHASA ARAB SISWA\r\nSEKOLAH DASAR\r\n(Studi Eksperimen Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sagan Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KUMON TERHADAP\r\nKONSENTRASI BELAJAR DAN PRESTASI BAHASA ARAB SISWA\r\nSEKOLAH DASAR\r\n(Studi Eksperimen Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sagan Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KUMON TERHADAP\r\nKONSENTRASI BELAJAR DAN PRESTASI BAHASA ARAB SISWA\r\nSEKOLAH DASAR\r\n(Studi Eksperimen Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sagan Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KUMON TERHADAP\r\nKONSENTRASI BELAJAR DAN PRESTASI BAHASA ARAB SISWA\r\nSEKOLAH DASAR\r\n(Studi Eksperimen Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sagan Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KUMON TERHADAP\r\nKONSENTRASI BELAJAR DAN PRESTASI BAHASA ARAB SISWA\r\nSEKOLAH DASAR\r\n(Studi Eksperimen Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sagan Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KUMON TERHADAP\r\nKONSENTRASI BELAJAR DAN PRESTASI BAHASA ARAB SISWA\r\nSEKOLAH DASAR\r\n(Studi Eksperimen Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sagan Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KUMON TERHADAP\r\nKONSENTRASI BELAJAR DAN PRESTASI BAHASA ARAB SISWA\r\nSEKOLAH DASAR\r\n(Studi Eksperimen Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sagan Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #28215 \n\nEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KUMON TERHADAP \nKONSENTRASI BELAJAR DAN PRESTASI BAHASA ARAB SISWA \nSEKOLAH DASAR \n(Studi Eksperimen Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sagan Yogyakarta)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam (Pesantren)" . .