eprintid: 28215 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/82/15 datestamp: 2017-11-06 06:45:04 lastmod: 2017-11-06 06:45:04 status_changed: 2017-11-06 06:45:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ira Nurhasanah, NIM: 1520410070 title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KUMON TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR DAN PRESTASI BAHASA ARAB SISWA SEKOLAH DASAR (Studi Eksperimen Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sagan Yogyakarta) ispublished: pub subjects: pen_isl divisions: pps_pai full_text_status: restricted keywords: Eksperimen Model Pembelajaran Kumon, Konsentrasi Belajar dan Prestasi Siswa note: Dr. Muqowim, M.Ag. abstract: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas model pembelajaran Kumon terhadap konsentrasi belajar dan prestasi bahasa Arab siswa kelas V SD Muhammadiyah Sagan Yogyakarta. Hal ini dilatarbelakangi oleh penguasaan keterampilan berbahasa yang tidak cukup hanya dengan membaca, tetapi perlu latihan, pengulangan, dan pembiasaan. Model pembelajaran Kumon menekankan pada latihan, pengulangan dan pembiasaan yang tertuang dalam lembar kerja. Selain itu, model pembelajaran Kumon mendukung terhadap penguasaan berbagai unsur dan kemahiran dalam bahasa Arab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi atan eksperimen semu dengan design non equivalent pre-test post-test control groups design. Kelas V Ibnu Washil sebagai kelas kontrol dan kelas V Ibnu Fadlan sebagai kelas eksperimen. Kedua kelas dipilih sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol karena kesamaan keduanya dalam berbagai hal seperti nilai rata-rata, jam pelajaran, jumlah siswa, serta ruang kelas yang relatif sama. Teknik angket, pengamatan dan interview adalah teknik yang digunakan oleh peneliti untuk mengetahui tingkat konsentrasi kedua kolompok. Adapun untuk mengetahui prestasi bahasa Arab kedua kelompok peneliti menggunakan teknik pretest dan posttest pada dua kelompok yang menggunakan model pembelajaran yang berbeda. Untuk menguji hipotesisnya peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Independent Sample Test bermediakan SPSS.16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Kumon cukup epektif dan memberi berpengaruh terhadap konsentrasi dan prestasi belajar bahasa Arab siswa. Perbedaan ini tampak pada jumlah siswa kelas eksperimen yang lebih memenuhi indikator konsentrasi daripada kelas kontrol. Selain itu, tampak juga perbedaan rata-rata nilai post test yang diperoleh oleh kelas kontrol 62. 25 dan kelas eksperimen 68.83. Perbandingan antara hasil kelas eksperimen dan dan kelas kontrol berdasarkan uji stastik independent sample test dengan menggunakan SPSS.16 menghasilkan signifikansi 0.04 yang menunjukkan signifikan. Dengan demikian, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil post test kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Kumon dan kelas Kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Maka model pembelajaran Kumon cukup epektif digunakan untuk pembelajaran bahasa Arab di sekolah dasar. Kata Kunci: Eksperimen Model Pembelajaran Kumon, Konsentrasi Belajar dan Prestasi Siswa date: 2017-08-11 date_type: published pages: 251 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other citation: Ira Nurhasanah, NIM: 1520410070 (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KUMON TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR DAN PRESTASI BAHASA ARAB SISWA SEKOLAH DASAR (Studi Eksperimen Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sagan Yogyakarta). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28215/1/1520410070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28215/2/1520410070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf