%0 Thesis %9 Masters %A Muhammad Zainurrahman, NIM: 1520411013 %B Pascasarjana %D 2017 %F digilib:28221 %I UIN Sunan Kalijaga %K Model Reflective Teaching, Multiple Intelligences, Pembelajaran Keterampilan Membaca %P 176 %T PENGARUH MODEL REFLECTIVE TEACHING DAN MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS NEGERI 1 KUDUS %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28221/ %X Pembelajaran keterampilan membaca merupakan keterampilan yang sangat penting dalam pembelajaran bahasa Arab. Membaca merupakan kegiatan untuk mendapatkan makna dari apa yang tertulis dalam teks. Untuk keperluan tersebut, selain perlu menguasai bahasa yang dipergunakan, seorang pembaca perlu juga mengaktifkan berbagai proses mental dalam sistem kognisinya. Namun dalam kegiatan pembelajaran keterampilan membaca ini sering ditemui kesulitan dalam penerapannya. Hal tersebut disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang monoton sehingga guru mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi. Oleh karena itu peneliti ingin menerapkan suatu model pengajaran di dalam kelas yang bisa mengatasi kesulitan tersebut, yaitu model Reflective Teaching dan juga menerapkan teori Multiple Intelligences yang bertujuan untuk memaksimalkan kecerdasan siswa dan mengoptimalkan kinerja guru dalam pembelajaran keterampilan membaca. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri 1 Kudus. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non-tes. Tes yang diterapkan adalah tes tertulis dengan instrumen pre-test dan post-test. Sedangkan intrumen untuk non-tes adalah angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari analisis penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan yang paling dominan siswa kelas VII-A adalah (1) kecerdasan eksistensialspiritual dan (2) kecerdasan logis-matematis. Berdasarkan data penelitian yang didapatkan, Terdapat 20% dari siswa beranggapan bahwa model Reflective Teaching sangat membantu belajar bahasa Arab dan 80% dari siswa beranggapan bahwa model Reflective Teaching dapat dan perlu diterapkan dalam pembelajaran. Terdapat 13.33% dari siswa beranggapan bahwa multiple intelligences sangat membantu belajar bahasa Arab dan 87.67% dari siswa beranggapan bahwa multiple intelligences dapat dan perlu diterapkan dalam pembelajaran. Berdasarkan analisis menggunakan teknik paired sample t test maka dihasilkan output data yang menunjukkan selisih dari Mean (rata-rata) antara nilai pre-test dan nilai post-test sebesar -15.667. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan Mean (rata-rata) nilai pre-test dan nilai post-test yang cukup tinggi. Berdasarkan output data pada tabel analisis, maka diketahui bahwa nilai probabilitas atau Sig. (2- tailed) sebesar 0.000 yang artinya nilai probabilitasnya kurang dari 0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Reflective Teaching dan Multiple Intelligences dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran keterampilan membaca. Kata kunci: Model Reflective Teaching, Multiple Intelligences, Pembelajaran Keterampilan Membaca %Z Dr. H. Maksudin, M.Ag