@phdthesis{digilib2825, month = {July}, title = {PEMANFAATAN INTERNET DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA SEBAGAI SARANA PENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN BAGI MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { NUZULA NURZENI - NIM. 06140016}, year = {2009}, note = {PEMBIMBING: SITI ROHAYA, S.AG, MT}, keywords = {pemanfaatan internet, sarana pembelajaran dan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2825/}, abstract = {Penelitian tentang pemanfaatan internet ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan internet di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai sarana penunjang proses pembelajaran bagi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogayakarta. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dalam penelitian ini, diambil empat informan untuk diwawancarai dengan menggunakan pencatatan sendiri dan menggunakan alat perekam suara cassette recorder. Untuk menganalisis data didasarkan pada teori Miles dan Huberman dengan tiga langkah (1) Reduksi data (2) Penyajian data, dan (3) Penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah pemanfaatan internet di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga sebagai sarana penunjang proses pembelajaran bagi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta cukup efektif, dengan dasar sebagai berikut: (a) Alat komunikasi. Internet di perpustakaan telah dimanfaatkan cukup optimal oleh mahasiswa, seperti menggunakan internet untuk melakukan komunikasi dengan osen, teman dan komunikan yang lain. Informan menginginkan adanya penambahan jumlah komputer dan sarana pendukung lainnya. (b).Alat mengakses informasi. Internet di perpustakaan tidak menjadi prioritas utama bagi mahasiswa enidri dalam mencari informasi, hal ini terbukti bahwa penggunaan koleksi buku di perpustakaan tetap digunakan mahasiswa dalam mencari informasi. Informan menginginkan fasilitas pendukung, seperti tempat yang nyaman dan pelayanan petugas yang baik agar pemanfaatan internet di perpustakaan lebih optimal. (c).Alat pendidikan/ pembelajaran. Internet dan perpustakaan merupakan sarana ang tepat sebagai penunjang proses pembelajaran mahasiswa, karena sama-sama alat penyaji informasi, walaupun memiliki dampak positif dan negatif. } }