%0 Journal Article %A AHMAD FUAD EFFENDY, %D 2008 %F digilib:283 %I Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %J /Jurnal/Al-Jamiah/Al-Jamiah Volume 44, Number 2, 2006/1427/ %K Syllabus, Learning, Materials, Method and Evaluation %T MANHAJ AL-TALIM AL-LUGHA AL-ARABIYYA LI -GHAIR AL-NATIQIN BIHA LI HADF KHASS: Fahm Al-Quran Al-Karim %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/283/ %X Terdapat hubungan segitika antara Al-Quran, Bahasa Arab dan Umat Islam. Namun pada kenyataannya, banyak orang Islam non-Arab yang tidak memahami al_Quran karena kendala bahasa. Di era global ini banyak kalangan terpelajar yang berminat memahami Al-Quran tetapi tidak memiliki cukup waktu untuk mempelajari Bahasa Arab secara umum. Maka diperlukan program pembelajaran Bahasa Arab untuk tujuan khusu, yakni untuk memhami Al-Quran. Dalam tulisan ini disajikan rancangan silabus pembelajaran Bahasa Arab, berdasarkan konsep-konsep pokok pembelajaran Bahasa Arab mutakhir, yang meliputi tujuan, materi, metode, dan sistem evaluasi.