@phdthesis{digilib28335,
           month = {July},
           title = {PENGEMBANGAN KELEMBAGAAN PONDOK PESANTREN ASSALAFIYYAH MLANGI NOGOTIRTO YOGYAKARTA},
          school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta},
          author = {NIM. 13490019 MAIMUNAH},
            year = {2017},
            note = {Dr. Zainal Arifin S.Pd.I M.S.I},
        keywords = {Pengembangan Kelembagaan, Teori perubahan manajemen, Sistem Pendidikan},
             url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28335/},
        abstract = {Penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap perkembangan
pendidikan saat ini terutama pengembangan kelembagaan bidang pendidikan formal di Pondok Pesantren 
Assalafiyyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latarbelakang pengembangan kelembagaan 
Pondok Pesantren Assalafiyyah dan proses pengembangan kelembagaan pesantren serta dampaknya bagi 
sistem pendidikan pondok pesantren.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di Pondok Pesantren 
Assalafiyyah Mlangi Nogotirto Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, 
observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, data display, dan 
kesimpulan serta verifikasi. Teknik penentuan validasi dan keabsahan data dengan menggunakan 
triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) latar belakang pengembangan kelembagaan Pondok Pesantren 
Assalafiyyah antara lain: (a) kebutuhan masyarakat modern terhadap ijazah untuk meneruskan ke 
jenjang  pendidikan yang lebih tinggi atau untuk mencari pekerjaan. (b) desakan alumni Pondok 
Pesantren Assalafiyyah untuk mendirikan madrasah formal dan tetap menjaga tradisi salafnya 
sebagaimana dalam pepatah Al-muh{\^a}fadzah ?al{\^a} al-qad{\^i}m as- sh{\^a}lih wal akhdzu bi al-jadid al-ashlah. 
(2) Proses pengembangan kelembagaan Pondok Pesantren Assalafiyyah meliputi berbagai aspek, antara 
lain: (a) Infrastruktur dengan memilih segmen yang berbeda yaitu dengan memilih madrasah berbasis 
alam. (b) kurikulum perpaduan antara pesantren dengan madrasah. (c) tenaga pengajar yang terus 
ditingkatkan kualitasnya serta ekonomi kelembagaan yang saat ini diperkuat dengan mengelola sektor 
ekonomi dalam yayasan. (3) dampak pengembangan kelembagaan Pondok Pesantren Assalafiyyah antara 
lain: (a) Jumlah santri yang meningkat secara signifikan, (b) kesalafan yang menjadi khas pondok 
pesantren tetap terjaga, dan (c) Meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar seiring bertambahnya 
jumlah santri secara signifikan sehingga aktivitas jual-beli meningkat.}
}