%A NIM. 13490027 UMMIASIH
%O Drs. Ichsan, M.Pd.,
%T PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 1 
BAMBANGLIPURO TAHUN PELAJARAN 2016/2017
%X Penempatan  siswa  dalam  pembagian  kelas  yang  diatur  oleh  SMA  N  1
Bambanglipuro terhadap peserta didiknya disesuaikan dengan output nilai UN SMP/MTs yang dicapai. 
Oleh karena itu, pengelolaan kelas perlu dilakukan guru dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. 
Selain itu juga keadaan fasilitas belajar yang tersedia di sekolah, apakah berpengaruh atau tidak 
terhadap hasil belajar siswa akan dilihat berdasarkan pendapat siswa. Pengelolaan kelas dengan 
kelengkapan fasilitas belajar diperkirakan mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar siswa yang 
ditunjukkan dengan nilai ujian tengah semester genap tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan dua variabel independen yaitu pengelolaan 
kelas (X1) dan fasilitas belajar (X2) dan satu variabel dependen yaitu hasil belajar (Y). Populasi 
dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Bambanglipuro yang berjumlah 173 siswa. Sampel 
diambil secara random menggunakan rumus slovin yang menghasilkan jumlah 120 siswa. Metode 
pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode angket diberikan kepada siswa yang 
menjadi responden dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh nilai hasil belajar siswa. Teknik 
analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar 
siswa sebesar 20% (R square = 0,200) dan 80% (100%- 20%) dipengaruhi oleh variabel lain. Kedua, 
pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 2,6% (R square = 0,026) dan 97,4% 
(100%-2,6%) dipengaruhi oleh variabel lain. Karena terlalu kecil pengaruh yang diberikan, menurut 
uji hipotesis menunjukkan tidak adanya pengaruh dari fasilitas belajar yang tersedia di sekolah. 
Ketiga, pengaruh pengelolaan kelas dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 20% 
(R square = 0,200) dan 80% (100%- 20%) dipengaruhi oleh variabel lain.
%K Pengelolaan Kelas, Fasilitas Belajar, Hasil belajar
%D 2017
%I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
%L digilib28336