%0 Thesis
%9 Skripsi
%A AHMAD FATHUR ROSYADI, NIM. 13490029
%B Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
%D 2017
%F digilib:28337
%I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
%K PKTQ, Taḥsīn, Taḥfīẓ, CIPP
%P 255
%T EVALUASI PROGRAM TAḤSĪN DAN TAḤFĪẒ PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DAN TAHSINUL QURAN (PKTQ) FAKULTAS ILMU   TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA TAHUN 2017
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28337/
%X Sudah seharusnya setiap bagian dari umat Nabi Muhammad untuk  mendekatkan diri kepada al-Quran sebagai petunjuk dengan mempelajari dan  mengajarkannya sesuai kaidah taḥsīn/tajwid, lebih-lebih jika mampu  menghafalkannya. Karena selain pembelajaran al-Quran akan berimbas pada  peningkatan kemampuan baca, juga terdapat banyak faidah transendental di  baliknya yang akan membentuk kepribadian seseorang. Untuk memenuhi  kebutuhan pembelajaran al-Quran tersebut, Pengembangan Kepribadian dan  Tahsinul Quran (PKTQ) di bawah koordinasi Dekan III Fakultas Ilmu Tarbiyah dan  Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta melaksakanan program taḥsīn dan  taḥfīẓ juz 30 yang kelulusannya merupakan sebagian syarat mengikuti munaqasyah.  Penelitian ini adalah penelitian evaluatif yang bertujuan untuk mengetahui  efektivitas program taḥsīn dan taḥfīẓ PKTQ dengan model evaluasi CIPP dan  pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah asisten sejumlah 28  mahasiswa dan peserta didik PKTQ sejumlah 528 mahasiswa. Penarikan sampel  menggunakan rumus slovin dan model disproportionate stratified random  sampling sehingga asisten PKTQ diambil seluruhnya dan sampel dari peserta didik  berjumlah 355 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket yang  diberikan kepada responden, dan dokumentasi untuk menganalisis dokumendokumen  PKTQ yang berkaitan dengan program taḥsīn dan taḥfīẓ.  Pelaksanaan program taḥsīn dan taḥfīẓ PKTQ selama 5 minggu  dikategorikan efektif dengan tingkat anggapan keberhasilan sebesar 60,1% dan  peningkatan kemampuan taḥsīn pada 35 mahasiswa asistensi (10,1%). Peningkatan  indikator keberhasilan program dapat dilihat dari empat komponen CIPP. Pertama  Context, yaitu: Program taḥsīn dan taḥfīẓ sudah dikategorikan relevan dengan  tingkat relevansi 81,9%. Kedua Input, yaitu: Ketepatan isi dan bentuk program  mencapai 91%, tingkat kompetensi asisten mencapai 81,6%, dan dukungan sarana  dan prasarana sejumlah 56,7%. Ketiga Process: Penyusunan rencana program  sebesar 37,1%, efektivitas pelaksanaan program sebesar 76%, dan tingkat evaluasi  program sebesar 75,1%. Keempat Product, yaitu: Peningkatan kualitas peserta  didik sebesar 61,7%.
%Z Dr. Imam Machali, M.Pd