%0 Thesis %9 Skripsi %A ARDHITYA FURQON WICAKSONO, NIM. 13490034 %B Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan %D 2017 %F digilib:28340 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Trilogi Ki Hajar Dewantara, Kepemimpinan, Kedisiplinan %P 201 %T IMPLEMENTASI TRILOGI KI HAJAR DEWANTARA DALAM KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU DI SMK TAMAN SISWA 1 IMOGIRI YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28340/ %X Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti dengan permasalahan kedisiplinan di sekolah. Berdasarkan pengamatan peneliti, permasalahan yang sering muncul adalah guru belum mengoptimalkan jam pembelajaran, tugas pekerjaannya guru dikerjakan dengan tidak maksimal dan kurang memberikan perhatian penuh kepada peserta didik. Alasan peneliti memilih memilih obyek penelitian di SMK Taman Siswa 1 Imogiri Yogyakarta karena SMK Taman Siswa 1 Imogiri Yogyakarta merupakan satu-satunya sekolah menengah kejuruan yayasan Taman Siswa yang ada di Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (filed research) dengan mengambil latar SMK Taman Siswa 1 Imogiri Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara (In depth Interview), observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif yaitu dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan uji keabsahan data. Hasil implementasi Trilogi Ki Hajar Dewantara dalam kepemimpinan kepala sekolah di SMK Taman Siswa 1 Imogiri adalah Ing Ngarso Sung Tuladha di tunjukkan dengan sikap berangkat lebih awal, memotivasi agar guru selalu belajar, Ing Madya Mangun Karsa di tunjukkan dengan membuat peraturan sekolah, mengajak guru bekerjasama dan Tut Wuri Handayani di tunjukkan dengan memberi masukkan terhadap guru yang belum disiplin. Kepemimpinan kepala sekolah sebagai upaya meningkatkan kedisiplinan guru di SMK Taman Siswa 1 Imogiri dengan memberikan arahan terhadap guru yang kesulitan dalam mengerjakan tugas. Hasil implementasi Trilogi Ki Hajar Dewantara dalam kepemimpinan kepala sekolah sebagai upaya meningkatkan kedisiplinan guru di SMK Taman Siswa adalah pada Ing Ngarso Sung Tuladha yang meliputi keteladanan dalam sikap, keteladanan dalam prilaku, guru sudah menunjukkan peningkatan kedisiplinan, Ing Madya Mangun Karsa dalam pengendalian ketertiban guru sudah menunjukkan peningkatan kedisiplinan, sedangkan kedisiplinan guru dalam mengisi agenda kelas belum menunjukkan peningkatan kedisiplinan. Pada Tut Wuri Handayani dalam kesepakatan tentang aturan kedisiplinan sudah menunjukkan peningkatan kedisiplinan. %Z Dra. Wiji Hidayati, M.Ag