<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KORELASI PENAFSIRAN AL-TABARI DAN AMINA WADUD (ANALISIS KESETARAAN GENDER DALAM Q.S. AL-NISA’ (4):1)"^^ . "Sejarah perbedaan dan diskriminasi gender tidak bisa dilepaskan dari\r\nsejarah kajian tafsir al-Qur’an karena tidak jarang diskriminasi dan penindasan\r\nterhadap perempuan diperkuat dengan menggunakan tafsir al-Qur’an sehingga\r\ndianggap sebagai kodrat atau ketentuan Tuhan. Fakta tersebut oleh sementara\r\nfeminis Muslim dijadikan sebagai salah satu dasar untuk melakukan penafsiran\r\nulang terhadap al-Qur’an. Namun, reinterpretasi yang dilakukan feminis Muslim\r\nmengundang perdebatan. Baik penafsiran yang dilakukan mufassir klasik maupun\r\nfeminis Muslim, keduanya memiliki pendukung genap dengan argumentasinya\r\nmasing-masing. Oleh karenanya, untuk mendapatkan telaah yang seimbang antara\r\nkedua model tafsir gender mainstream dibutuhkan kajian sejarah sosial yang\r\nmengkonstruksi tokoh yang menggambarkan masing-masing model sehingga\r\ndiemukan “benag merah” antara dua model tafsir tersebut.\r\nPenelitian ini dilakukan untuk membuktikan adanya kolerasi antara tafsir\r\nklasik al-Tabari dan penafsiran feminis Amina Wadud, sebagai dua tokoh yang\r\nmerepsentasikan masing-masing model tafsir, tentang kesetaraan gender dalam\r\nQ.S. al-Nisa: (4):1 yang berbicara mengenai konsep penciptaan perempuan. Untuk\r\nmenjawab pertanyaan tersebut, penulis mengunakan dua model teori, teori analisis\r\nwacana yang digunakan untuk melihat “ideologi” kesetaraan gender dalam\r\npenafsiran kedua tokoh dan teori sosiologi pengetahuan untuk melihat hubungan\r\ntimbal-balik antara identitas dengan konteks sosial kedua tokoh. Sedangkan\r\nanalisis gender digunakan untuk menguji kesetaraan gender dalam kedua tafsir\r\ntersebut. Adapun metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah\r\nmetode analisis-korelasi (analylical-correlative-method) yang bertujuan untuk\r\nmenemukan “ada tidaknya” hubungan antara penafsiran kedua tokoh mengenai\r\nQ.S. al-Nisa: (4):1 dalam memosisikan laki-laki dan perempuan secara setara.\r\nKajian ini membuktikan bahwa: pertama, meskipun al-Tabari\r\nberpandangan bahwa Hawa tercipta dari tulang rusuk Adam ketika menafsirkan\r\nQ.S. al-Nisa’ (4): 1, namun penafsirannya memiliki korelasi dengan Wadud, yang\r\nmenolak untuk menafsirkan mengenai proses penciptaan tersebut, dalam\r\nmemandang Adam dan Hawa sebagai orang tua pertama umat manusia, tanpa\r\nmembedakan satu dengan yang lainnya. Kedua tokoh tersebut tidak memiliki\r\nperbedaaan dalam memposisikan laki-laki dan perempuan secara setara. Kedua,\r\nPenafsiran kedua tokoh tidak bisa dilepaskan dari posisi al-Tabari sebagai\r\nsejarawan dan Wadud sebagai aktivis gender serta semangat keduanya untuk\r\nmemoderasi problem kemasyarakatan yang dihadapi oleh keduanya. Ketiga,\r\nkorelasi penafsiran kedua tokoh tersebut mengimplikasikan bahwa perbedaan apa\r\npun, termasuk dalam penciptaan, antara laki-laki dan perempuan tidak bisa\r\ndijadikan legistimasi atas pemahaman apalagi perilaku ketidakadilan gender.\r\nKajian ini membuktikan bahwa tafsir klasik dan feminis muslim tidak selalu\r\nbertentangan dan bahwa semua tafsir klasik tidak bisa digenareralisasi sebagai\r\ntafsir yang bias gender."^^ . "2017-07-31" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1420510030"^^ . "DONA KAHFI MA IBALLA"^^ . "NIM. 1420510030 DONA KAHFI MA IBALLA"^^ . . . . . . "KORELASI PENAFSIRAN AL-TABARI DAN AMINA WADUD (ANALISIS KESETARAAN GENDER DALAM Q.S. AL-NISA’ (4):1) (Text)"^^ . . . . . "1420510030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KORELASI PENAFSIRAN AL-TABARI DAN AMINA WADUD (ANALISIS KESETARAAN GENDER DALAM Q.S. AL-NISA’ (4):1) (Text)"^^ . . . . . "KORELASI PENAFSIRAN AL-TABARI DAN AMINA WADUD (ANALISIS KESETARAAN GENDER DALAM Q.S. AL-NISA’ (4):1) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KORELASI PENAFSIRAN AL-TABARI DAN AMINA WADUD (ANALISIS KESETARAAN GENDER DALAM Q.S. AL-NISA’ (4):1) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KORELASI PENAFSIRAN AL-TABARI DAN AMINA WADUD (ANALISIS KESETARAAN GENDER DALAM Q.S. AL-NISA’ (4):1) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KORELASI PENAFSIRAN AL-TABARI DAN AMINA WADUD (ANALISIS KESETARAAN GENDER DALAM Q.S. AL-NISA’ (4):1) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KORELASI PENAFSIRAN AL-TABARI DAN AMINA WADUD (ANALISIS KESETARAAN GENDER DALAM Q.S. AL-NISA’ (4):1) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "KORELASI PENAFSIRAN AL-TABARI DAN AMINA WADUD (ANALISIS KESETARAAN GENDER DALAM Q.S. AL-NISA’ (4):1) (Other)"^^ . . . . . . "KORELASI PENAFSIRAN AL-TABARI DAN AMINA WADUD (ANALISIS KESETARAAN GENDER DALAM Q.S. AL-NISA’ (4):1) (Other)"^^ . . . . . . "KORELASI PENAFSIRAN AL-TABARI DAN AMINA WADUD (ANALISIS KESETARAAN GENDER DALAM Q.S. AL-NISA’ (4):1) (Other)"^^ . . . . . . "KORELASI PENAFSIRAN AL-TABARI DAN AMINA WADUD (ANALISIS KESETARAAN GENDER DALAM Q.S. AL-NISA’ (4):1) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #28345 \n\nKORELASI PENAFSIRAN AL-TABARI DAN AMINA WADUD (ANALISIS KESETARAAN GENDER DALAM Q.S. AL-NISA’ (4):1)\n\n" . "text/html" . . . "Agama Dan Filsafat" . .